Sukses

10 Fakta Tentang Kota Melbourne yang Kini Berumur 180 Tahun

Berikut ini adalah 10 fakta tentang kota Melbourne yang kini berumur 180 tahun.

Liputan6.com, Melbourne Dulu, kota ini bernama Batmania, namun sekarang lebih dikenal dengan nama Melbourne. Pada 30 Agustus 2015, kota ini merayakan ulang tahunnya yang ke-180 dan menyelenggarakan ‘Melbourne Day’.

Melbourne juga merayakannya dengan mengibarkan bendera kebangsaan serta mengadakan beragam aktivitas budaya, hiburan, kuliner, kesenian untuk keluarga, pasangan, maupun wisatawan.

Seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com, kota ini sangat berkembang sejak dibangun pada 1837 dan para pendiri kotanya dahulu ternyata merupakan penumpang dan awak biasa dari kapal Enterprize Fawkner yang berlayar dari Van Diemen (Tasmania) ke tempat yang sekarang dikenal dengan nama Enterprize Park.

Pada 1854, saat konsensus pertama pada warga Victoria diadakan, ada 235.798 orang yang tinggal di koloni tersebut. Pada 1861, Melbourne memiliki 125.000 warga dan berkembang menjadi kota terkaya pada saat itu.

Hal-hal diatas hanyalah sedikit dari banyak fakta dan kejadian penting kota ini yang sebenarnya orang belum pernah dengar. Berikut ini adalah 10 dari 100 hal yang menjadi favorit Tourism Victoria tentang Melbourne.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Fakta Tentang Kota Melbourne yang Kini Berumur 180 Tahun

10 Fakta Tentang Kota Melbourne yang Kini Berumur 180 Tahun.

 

1. Melbourne merupakan rumah bagi populasi berbahasa Yunani terbanyak di luar Eropa

2. Kebun Binatang Melbourne merupakan kebun binatang tertua yang masih beroperasi di Australia, dibuka pertama kali pada 1862.

3. Bola tenis pertama di Australia diproduksi di Melbourne pada 1908 oleh Dunlop. Sekarang, Australia Open yang diadakan di Melbourne merupakan salah satu dari 4 Grand Slams terbesar di dunia tenis.

4. MacRobertson’s Stream Confectionery Works menciptakan cokelat terkenal seperti The Freddo Frog (1930), yang merupakan cokelat paling populer untuk anak-anak di Australia dan dianggap sebagai ikon Australia.

5. Perekam dalam pesawat Black Box (sekarang berwarna oranye) pertama kali diciptakan pada 1989 oleh Dr. David Warren di Aeronautical Research Laboratories Melbourne.

6. Restoran Tramcar di Melbourne pertama kali beroperasi pada 1983 dan merupakan Restoran trem pertama di dunia.

7. Parkiran mobil Pasar Victoria tersebut dibangun di atas pemakaman pertama di Melbourne. Beberapa pemakaman dipindahkan pada 1917, tapi ada beberapa makam yang tidak ada penandanya dan sekitar 9.000 dari makam tersebut masih ada di bawah parkiran mobil di pasar.

8. “In Flew Enza” – 1989. Diperkenalkan sebagai obat influenza pertama di dunia, Zanamivir ditemukan pada 1989 oleh para ilmuwan yang dipimpin oleh Mark von Itzstein di Victorian College of Pharmacy, Monash University, yang berkolaborasi dengan CSIRO.

9. Alat baca untuk tunanetra – 1990. Milan Hudecek dari Melbourne menemukan alat baca untuk tunanetra pertama di dunia.

10. Kota layak huni No. 1 di dunia. Melbourne merupakan kota pertama yang mendapatkan gelar Kota Paling Layak Huni di Dunia selama 5 tahun berturut-turut sejak 2011. Dan terus menempati posisi 3 teratas sejak 2002, menurut Economist Intelligence Unit.

 

(bio/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini