Sukses

Merasakan Sensasi Lezat Klapertart

Memiliki banyak varian rasa, Klapertart menjadi oleh-oleh yang paling banyak dicari saat berkunjung ke Manado.

Liputan6.com, Jakarta Klapertart merupakan kuliner khas manado berupa kue dengan banyak varian rasa. Sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Manado, Klapertart kini dikenal luas sebagai salah satu kudapan yang banyak dicari untuk dijadikan oleh-ole para wisatawan yang berkunjung ke Manado.

Saat tim Liputan6.com berkunjung ke Manado, yang ditulis pada Sabtu (5/9/2015), ada satu tempat yang kerap dikunjungi wisatawan untuk mendapatkan Klapertart, yaitu Merciful, pusat oleh-oleh khas Manado yang berlokasi di Jalan Sam Ratulangi No 383.

Selain dibanderol dengan harga yang terjangkau sesuai dengan ukurannya, Klapertart juga memilki berbagai varian rasa, seperti cokelat, mocca, vanila, dan keju. Tak heran jika kue khas Minahasa ini banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Klapertart, kuliner khas Minahasa.

Klapertart dibuat dari bahan-bahan berupa susu murni, gula, fresh cream cair, tepung maizena, terigu, margarin, kuning telur, kelapa muda, vanila essence, dan kayu manis. Cara buatnya pun sangat sederhana, mulanya campur fresh cream cair dengan tepung maizena dan terigu sampai tercampur rata. Didihkan susu murni yang dicampur gula pasir hingga mendidih menggunakan api sedang. Setelah mendidih, campurkan adonan terigu yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam campuran susu murni.

Setelah bahan tercampur, matikan api dan masukan kuning telur sedikit demi sedikit sambi terus diaduk rata. Untuk menguatkan rasanya, masukkan kayu manis bubuk, vanilla essence, dan kelapa muda lalu aduk sampai rata agar semua bahan tercampur.

Setalah adonan klapertart selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasukannya dalam loyang untuk kemudian dipanggang ke dalam oven dengan suhu 160 derajat selama 20 menit. Setelah selesai pemanggangan pertama selama 20 menit, semprotkan topping sesuai selera ke bagian atas Klapertart agar tampak lebih menarik dan menggugah selera, lalu masukkan lagi ke dalam oven hingga topping menyatu. Sajikan Klapertart, dalam keadaan dingin lebih nikmat. (Ibo/nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.