Sukses

Solo Siap Gelar Pameran Topeng Berskala Internasional

Topeng merupakan salah satu bentuk ekspresi seni paling tua yang pernah ada dalam peradaban manusia.

Liputan6.com, Jakarta Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah ada dalam peradaban manusia. Topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan, sekaligus menyimpan nilai-nilai magis dan suci dalam berbagai upacara adat para leluhur. Di Indonesia sendiri topeng sudah dikenal sejak zaman pra-sejarah, dan digunakan dalam berbagai tarian dan upacara adat.

Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni adiluhung. Tidak hanya karena keindahan estetisnya saja, topeng juga memiliki sisi mistiknya tersendiri yang direpresentasikan dalam raut wajah yang ditampilkan.

Untuk memberikan pemahaman budaya melalui pertunjukan dan pameran topeng dari berbagai daerah dan negara, pemerintah Kota Solo bekerjasama dengan Semarak Candrakirana Foundation menggelar Indonesia International Mask Festival (IIMF). Acara akan berlangsung pada 4-5 September 2015 ini digelar di benteng Vastenberg, Solo, Jawa Tengah.

Menurut informasi yang diterima tim Liputan6.com, Rabu (2/9/2015), gelaran IIMF yang akan mempertemukan seniman topeng dari dalam dan luar negeri ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan Solo sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan budaya dan pariwisata. (Ibo)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.