Sukses

Ingin Ciptakan Ruang Baca di Rumah? Simak Tips Berikut

Ruang baca yang nyaman membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Kenyamanan adalah kunci dari sebuah hunian, dan secangkir teh serta kursi, buku, hingga penerangan yang cukup di suatu kamar adalah sesuatu yang menyempurnakannya. Bagi keluarga di perkotaan, sebuah kamar baca yang nyaman telah menjadi kebutuhan. Tak heran jika banyak keluarga yang mengupayakan untuk menghadirkan kamar baca yang nyaman di rumah-rumah mereka.

Dilansir dari home-designing, Rabu (2/9/2015), beberpa tips ini diperlukan untuk membantu Anda merealisasikan kamar baca yang nyaman. Kamar baca yang nyaman ditentukan oleh pencahayaan yang sesuai. Ada banyak ide untuk menghadirkan hal itu, salah satunya adalah dengan mennggunakan lampu busur yang dipasang di tiap sudut kamar.

Selain pencahayaan, kursi juga berperan penting dalam membentuk suasana hati Anda saat sedang membaca. Kursi yang nyaman bisa membuat Anda betah berjam-jam di dalam ruangan. Namun jangan sekali-kali menghadirkan kursi yang terlalu nyaman, alih-alih untuk membaca, Anda justru akan tertidur. Banyak bentuk kursi yang bisa menjadi referensi untuk ruangan baca, misalnya kursi berbentuk melingkar, atau sofa yang dilengkapi dudukan kaki secara terpisah.

Satu hal lain yang kerap luput dari perhatian adalah warna ruang baca. Ruang baca umumnya menggunakan warna soft yang tidak terlalu mencolok, hal ini dibuat agar mata Anda tidak terlalu lelah. Sedikit pernak-pernik dan pajangan diperlukan untuk mengalihkan fokus saat mata Anda terasa lelah saat lama membaca buku. Lukisan dan pohon-pohon kecil menjadi teman yang bersahabat saat Anda sudah terlalu lelah membaca.

Berikut berbagai ruang baca yang bisa dijadikan referensi.

foto: home design

foto: home design

foto: home design

foto: home design

foto: home design

(ibo/igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.