Sukses

Selain di Bangkok, Patung Buddha 4 Wajah Juga Ada di Surabaya

Kompleks Patung Buddha 4 Wajah menjadi destinasi wisata alternatif bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Selain di Bangkok, patung Buddha 4 wajah juga dibangun di kawasan Pantai Ria Kenjeran, sekitar 8 km dari pusat Kota Surabaya, Jawa Timur. Dibangun sejak 2003 dan diresmikan berdiri pada 2004, Patung Buddha 4 Wajah kerap menjadi destinasi wisata alternatif bagi mereka yang ingin merasakan angin pantai sambil menikmati suasana yang hening.

Kompleks Patung Buddha 4 Wajah dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan bangunan berukuran 9x9 meter. Saat tim Liputan6.com berkunjung, yang ditulis pada Rabu (2/9/2015), pihak pengelola menguraikan ukuran tersebut yang mengambil angka 9 merupakan simbol dari kesempurnaan. Bangunan utama patung Buddha dibangun dengan empat pilar yang menyangga stupa di bagian atas.

Patung Buddha 4 Wajah terletak di kawasan pantai ria Kenjeran, Surabaya.

Lebih jauh pihak pengelola mengungkapkan, patung Buddha yang memiliki empat wajah melambangkan empat sifat Buddha yang utama. Ke-empat sifat tersebut antara lain pengasih, murah hati, adil, dan sifat yang meditasi. Patung Buddha 4 wajah ini serupa dengan yang ada di Bangkok, Thailand, yang melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan dari kejahatan.

Patung Buddha 4 Wajah terletak di kawasan pantai ria Kenjeran, Surabaya.

Yang menarik, patung yang didaulat sebagai patung tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia ini dilapisi oleh emas, sehingga nampak berkilau meski dilihat di malam hari. Namun demikian, perlu perhatian lebih untuk menjadikan kompleks patung Buddha ini sebagai salah satu destinasi wisata alternatif di Surabaya, pasalnya beberapa bagian taman di kompleks ini kurang terawat dan pengunjung masih membuang sampah sembarangan.

Patung Buddha 4 Wajah terletak di kawasan pantai ria Kenjeran, Surabaya.

Bayu, salah seorang pengunjung Kompleks Patung Buddha 4 Wajah saat ditemui tim Liputan6.com mengungkapkan, “Suasananya enak Mas, adem, tenang, cocoklah buat ngajak anak-anak main, apalagi di sini deket pantai Kenjeran, ya orang Surabaya kalau mau tamasya ke sini.” (Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini