Sukses

Peralatan Makan Khusus Pengidap Alzheimer

Idenya berpotensi bisa membantu banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Alzheimer bukanlah penyakit yang main-main. Jika mengidapnya, tugas sesederhana makan pun bisa jadi sangat menyulitkan.

Sha Yao, seorang desainer, menyaksikan langsung neneknya perlahan-lahan kehilangan kemampuan mengurus diri. Saat makan, kesulitan bukan hanya ada pada makanan dan minuman yang sering tumpah, namun beliau juga kerap bingung melihat peralatan makan dan kegunaannya, mengakibatkannya hanya sanggup makan sedikit.

Ini memberi ide bagi Yao menciptakan `Eatwell`, lini perlengkapan makan yang didesain khusus untuk orang-orang dengan kesulitan gerak motorik dan kognitif, seperti para pengidap Alzheimer.

foto: Good Housekeeping


“Saya mendapat ide menciptakan karya yang mempermudah kegiatan makan karena makan merupakan bagian esensial dari kehidupan sehari-hari,” tutur Yaoseperti dilansir dari situs Good Housekeeping pada Selasa (1/9/2015). Bukan hanya bagi pengidap, para perawat pribadi pun dipermudah dengan perlengkapan ini.

Dibuat dengan warna-warna cerah, setiap item didesain untuk menghindari terjadinya kesalahan dan membantu pasien makan dengan mudah dan sebanyak yang mereka bisa. Menurut studi yang dilakukan Universitas Boston, warna-warna cerah mempermudah orang-orang pengidap dementia yang memiliki kesulitan penglihatan.

Bagian bawah mangkuk memiliki permukaan condong untuk membantu menyendok makanan. (foto: Good Housekeeping)

Yao menciptakan bagian luar dengan warna merah dan kuning untuk menstimulasi nafsu makan, dan membuat warna bagian dalam biru untuk menghindari kebingungan karena jarang ada makanan dengan warna tersebut.

 Bahan anti-selip digunakan untuk bagian luar gelas dan pegangan mug digunakan untuk mencegah tumpah. (foto: Good Housekeeping)

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.