Sukses

Kesan Mencekam dari Foto Taman Hiburan Tanpa Pengunjung

Melalui perspektif lain, fotografer ini memberi kesan jauh berbeda dari taman hiburan yang selama ini kita dapatkan.

Liputan6.com, Tiongkok Ramai. Itulah kesan pertama yang umumnya kita dapatkan saat mengunjungi sebuah taman hiburan.
Ini menjadi ilham bagi fotografer Stefano Cerio. Dalam seri “Chinese Fun”, Cerio mengeksplor pemandangan taman hiburan tanpa pengunjung.

foto: This is Collosal


Sang fotografer memasuki taham hiburan pada bulan-bulan libur seperti saat musim dingin atau saat jam tutup dan mengabadikan sudut-sudut taman yang umumnya ramai oleh anak-anak dengan orangtua mereka yang berbondong-bondong bersama para kumpulan pemuda-pemudi bersenang-senang mengunjungi berbagai atraksi.
Dalam serinya, sang fotografer Italia mengeksplor taman hiburan, lansekap air, dan lapangan olahraga berlatar belakang langit yang kelabu dan lantai semen yang digenangi air. Hasilnya, seri gambar-gambar yang diabadikan di empat kota –Beijing, Shanghai, Qingdao, dan Hong Kong memiliki aura mencekam layaknya kesan yang timbul dari karya absurdist.

foto: This is Collosalfoto: This is Collosal


Menurut This Is Collosal, fotografi Cerio berfokus pada tema representasi, dan ia menjelaskan bahwa karyanya “mengeksplor garis batas antara visi, menceritakan yang sesungguhnya dan hirizon ekspektasi masyarakat, dan pencitraan realitas masuk akal yang walau tidak benar namun bisa dipercaya.”
Dengan contoh ini, ia memberi perspektif kesan lokasi hiburan menjadi seperti “dunia lain” lewat perspektif yang sedikit dialihkan. (Ikr/Ibo)

foto: This is Collosalfoto: This is Collosal

Buku komposit dari seri ini, Stefano Cerio: Chinese Fun akan diterbitkan di AS mulai 25 Agustus 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini