Sukses

Ingin Jadi Travel Blogger? Simak 4 Hal ini

Banyak orang menganggap menulis perjalanan wisata sebagai pekerjaan yang mudah. Namun tak jarang dari mereka gagal sebelum memulai.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menganggap, menjadi penulis perjalanan atau blogger traveler adalah pekerjaan mudah. Namun nyatanya banyak orang yang gagal sebelum memulai. Bahkan Mathew Karsten, seorang blogger profesional yang telah lama mengabdikan hidupnya sebagai blogger traveler menganggap, menjadi penulis perjalanan tidak mudah seperti yang dibayangkan, kegiatan ini perlu waktu bertahun-tahun untuk belajar bagaimana cara memindahkan pengalaman traveler menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca.

Disarikan dari expertvagabond, Rabu (26/8/2015), Matthew Karsten berbagi pengalamannya tentang bagaimana menjadi blogger traveler yang baik. Sebelum memulai, Anda harus menyadari bahwa membuat domain website dibutuhkan uang, namun jika Anda ingin yang gratis, beberapa blog menawarkan hosting gratis. Setelah Anda memiliki akses untuk posting di blog, ikuti langkah berikut.

Pilih Nama Blog yang Baik
Selain mewakili karakter Anda, gunakan nama blog yang singkat dan mudah diingat. Nama blog akan menjadi modal awal Anda menarik minat pembaca.

Gunakan Judul yang Ringan dan Mudah Dimengerti
Travel Blog bukan hanya menjadi tempat refleksi saja, namun juga menjadi tempat bagi mereka yang ingin melihat keindahan alam dan budaya yang diceritakan. Gunakan judul yang tidak hanya menarik, namun juga simpel dan tidak memiliki makna yang ambigu, sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.

Hindari Menggunakan Kata-kata yang Sudah Sering Digunakan
Menggunakan judul ringan dan mudah dimengerti bukan berarti Anda haru mengulang-ngulang kata yang sering digunakan. Ciptakan gaya bentuk bahasa dan karakter tulisan Anda sendiri. Hal ini penting untuk membedakan Anda dengan bloger traveler lainnya. Dalam hal ini, latihan yang diperlukan hanyalah satu, yaitu banyak membaca.

Buat Tampilan Blog yang Menarik
Bukan hanya tulisan Anda yang harus menarik, tapi juga tampilan blog. Tampilan blog yang menarik membuat pembaca tidak bosan untuk berlama-lama membaca blog Anda. Tampilan blog juga didukung dengan foto-foto menawan yang Anda dapatkan saat perjalanan traveling. Setelah semua dilakukan, selanjutnya postinglah secara rutin.

(ibo/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.