Sukses

Menikmati Alor yang Menawan di Festival Adventure Indonesia

Jelajahi Alor di Festival Adventure Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses digelar di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Festival Adventure Indonesia akan digelar di Pulau Alor pada 15-20 September 2015 mendatang. Sebanyak 120 peserta dari berbagai kalangan termasuk pendaki, fotografer, dan media dijadwalkan ikut ambil bagian dalam gelaran tahunan ini.

Festival Adventure Indonesia merupakan event khusus untuk para penggemar dunia petualangan dan cinta terhadap alam dan kebudayaan Indonesia. Dalam gelaran ini akan ada banyak kegiatan petualangan yang menantang, mulai dari menyelam, bersepeda, pendakian, hingga tur budaya dengan menginap di kampung adat dan berbaur dengan masyarakat lokal.

Pemda Alor sendiri telah menyiapkan 14 destinasi wisata unggulan sebagai tempat-tempat yang akan disinggahi para peserta. Berbagai tempat tersebut antara lain, Kota Kalabahi, Pantai Maimol, Pulau Sika, Pantai Deere, Pantai Batu Putih, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Gunung Sirung, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau Buaya, Desa Monbang, Desa Takpala, dan Desa Luba.

Bupati Alor, Amon Djabo, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Kamis (20/8/2015) mengungkapkan, alam Alor yang masih asri dengan berbagai budaya yang unik perlu diperkenalkan sebagai destinasi wisata baru di Indonesia timur. Selain potensi keindahan alam bahari, Alor juga menjadi lokasi yang tepat bagi para pecinta wisata petualangan. Alor menjadi bagian dari rangkaian cincin api, gunung api sabuk pasifik yang kaya akan geoheritage.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan, permasalahan yang paling utama dalam pariwisata Alor adalah tersedianya transportasi yang berkesinambungan. Mengingat untuk mencapai Alor, dibutuhkan biaya yang tidak murah.

“Orang akan berpergian jika jaraknya pendek, namun jika ikatan emosional, jarak yang jauh pun akan ditempuh, seperti orang mudik. Alor beruntung karena lokasinya dekat dengan Bali. Jadi wisatawan dari Bali bisa singgah dan menyebar ke bagian timur Indonesia. Alor juga beruntung, karena presiden Jokowi telah menegaskan kawasan timur Indonesia fokus ke pariwisata,” ujar Menteri Arief.

Lebih jauh Menteri Arief mengungkapkan, wisata bahari dan wisata petualangan Indonesia perlu ditingkatkan, agar Indonesia bisa menjadi destinasi utama di dunia. untuk itu perlu promosi yang berkesinambungan, agar wisata Indonesia lebih mendunia. Tujuan digelarnya festival Adventure Indonesia di Alor adalah untuk mempercepat perkembangan wisata di Kabupaten Alor, sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan petualangan di Indonesia.

(ibo/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini