Sukses

5 Langkah Tepat Mencuci Wajah

Begini cara yang benar mencuci wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan wajah dengan cara yang benar merupakan salah satu rahasia kulit sehat dan catik. Menurut Rebecca Tung, ahli dermatologi dari universitas Loyola, Chicago, cara tepat dalam mencuci wajah dapat menghasilkan kulit yang lebih indah.

"Saya sering menemukan pasien dengan kulit sensitif mencuci wajahnya hanya menggunakan air saja. Hal ini akan menyebabkan kelebihan bakteri penyebab jerawat dan dapat menghasilkan Seboroik dermatitis yaitu sejenis komedo di kulit wajah Anda" ujar Rebecca.

Oleh karena itu perlu bagi Anda untuk mengetahui bagaimana langkah mencuci wajah dengan benar. Berikut 6 langkah mencuci wajah seperti dilansir dari situs Elle pada Jumat (21/8/2015).

 

1. Cuci Wajah Setiap Malam
Idealnya cuci lah wajah 2 kali sehari. Namun jika sulit untuk dilakukan, paling tidak Anda mencuci wajah Anda setiap malam sebelum tidur. Mencuci wajah sebelum tidur berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel ketika beraktivitas di siang hari agar kulit dapat melakukan peremajaan dengan baik ketika Anda tidur.

2. Bersihkan MakeUp
Makeup seperti foundation, riasan mata dan bibir harus dibersihkan ketika Anda tiba di rumah. Gunakan cleanser dan makeup remover untuk memaksimalkan hasilnya. Tidak ada alasan untuk tidak membersihkan makeup Anda setiap hari, jika Anda tidak ingin kulit wajah yang berjerawat dan komedo.

3. Mencuci Dengan 2 Bagian
Anda dapat membagi wajah Anda menjadi 2 bangian saat mencucinya. Daerah pipi dapat terlebih dahulu dicuci menggunakan gentle wash. Kemudian lanjutkan dengan mencuci bagian `T` di hidung, dagu dan kening dengan menggunakan facial scrub. Hal ini dilakukan karena daerah tertentu pada wajah Anda memiliki masalah kulit yang berbeda seperti komedo di dagu dan bagian hidung.

4. Gunakan air panas dan dingin
Mencuci wajah didahului dengan steam wajah menggunakan air panas. Kemudian cuci lah wajah dengan sabun pembersih dan bilas menggunakan air dingin. Ini dapat membantuk pori-pori Anda membuka dan menutup dengan mudah sehingga kotoran dapat terangkat hingga ke bagian dalam kulit.

5. Keringkan dengan handuk
Tepuk pelan handuk ke wajah Anda dan lakukan dengan hati-hati. Karena wkulit wajah merupakan bagian sensitif jadi hindari mengeringkan wajah dengan mengusap kasar.

(mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.