Sukses

Handuk dan Pakaian Bau Apek? Atasi dengan Langkah ini

Terkadang, tercium bau apek dari handuk dan pakaian. Mengapa dan bagaimana mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta Bau tak sedap atau yang seringkali disebut dengan bau apek biasanya muncul karena terdapat bagian di dalam handuk atau pakaian lainnya yang dipenuhi oleh jamur. Terlalu lama menyimpan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, membiarkan mereka bertumpuk dalam keadaan basah membuat jamur tumbuh lebih cepat. Kelembaban yang tinggi dan udara yang tidak bisa mengeringkan handuk dan pakaian juga dapat mempercepat pertumbuhan jamur.

Sebenarnya handuk lebih rentan terhadap jamur karena mereka lebih tebal dan cukup lama menahan kelembaban. Solusi tercepat adalah dengan mencucinya kembali. Namun, apabila bau tersebut tak kunjung pergi, apa yang harus dilakukan?

Seperti dilansir dari situs Real Beauty Spot pada Rabu (19/8/2015), mencuci handuk dengan menambahkan satu cangkir cuka atau pemutih bersamaan dengan deterjen bisa menjadi cara untuk menghilangkannya.

Terkadang, tercium bau apek dari handuk dan pakaian. Mengapa dan bagaimana mengatasinya?

Caranya dengan mengisi ember dengan air, lalu tambahkan satu cangkir cula atau pemutih per galon air tersebut ke dalam ember lalu rendam handuk atau pakaian dengan bau apek tersebut. Rendam selama beberapa jam sebelum mencuci seperti biasa dan gantung di luar ruangan di tempat yang kaya akan sinar matahari.

Bisa juga dengan menggunakan deterjen khusus penghilang bau tak sedap dan baking soda. Jika memakai baking soda, Anda cukup menggosokkan baking soda kering ke handuk atau pakaian dalam keadaan kering pula. Bau apek tersebut pun dapat terserap. Tentu, cara yang kedua ini harus dilakukan selama beberapa kali pengulangan.

Terkadang, tercium bau apek dari handuk dan pakaian. Mengapa dan bagaimana mengatasinya?

(auf)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.