Sukses

Ribuan Seniman Akan Tumplak di Festival Kesenian Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta menjadi ajang berkumpulnya para seniman.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan seniman akan memeriahkan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-27 di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengusung tema ‘Dandan’, festival kesenian ini akan digelar selama 18 hari, mulai 19 Agustus - 5 September 2015.

Dipilihnya Taman Kuliner Condongcatur sebagai lokasi gelran FKY bukan tanpa sebab, pasalnya berdasarkan kriteria yang didapatkan panitia, lokasi ini dirasa sangat cocok agar masyarakat dapat menikmati berbagai macam suguhan seni dan budaya, baik tradisional maupun modern kontemporer, slain juga sajian kuliner dan kerajinan kreatif.

Pembukaan Festival akan dimeriahkan oleh Pawai Edan-edanan, yaitu pawai street performance di sebagian ruas Jalan Kaliurang, dengan mengambil rute dari PKKH UGM - Gedung Grha Sabha Pramana - Gedung Rektorat UGM - dan berakhir di Perempatan Selokan Mataram.

"Pawai yang dimulai pada 15.00 WIB ini akan diikuti 30 kontingen, yang berasal dari berbagai kelompok kesenian di DIY. Nanti ada tari edan edanan. Nanti juga ada barakuda kepolisian akan di cat warna warni, semoga menambah keedanan sesuai tema kita," ujar Ishari Sahida atau Ari Wulu, di Taman Kuliner saat ditemui awak Liputan6.com, Jumat (14/8/2015).

Lebih jauh Ari mengatakan, acara pembukaan akan difokuskan untuk ceremoni pembukaan FKY 27 di Taman Kuliner Concat. Pembukaan rencananya akan diresmikan oleh Gubernur DIY Sultan HB X. Ari menyebut, selama 18 hari penikmat seni dan budaya khas Jogja akan mendapatkan sajian kesenian, seperti pentas seni tari, sastra dengan pembacaan prosa, pemutaran Bioskop FKY, serta kegiatan-kegiatan workshop seni rupa, lokakarya, serta diskusi seni yang semuanya terbuka bagi masyarakat luas.

"Acara terpusat di Taman Kuliner Condongcatur, ada beberapa program yang diselenggarakan di luar lokasi ini. Seperti misalnya Pameran PAPERU (Para Perupa Muda) ‘Laras Sinawang’ yang digelar di Sasana Hinggil Yogyakarta, Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) di Panggung Krapyak dan gedung DPRD DIY, serta Teater FKY oleh Kalanari Theatre Movement yang dipentaskan di bekas gedung bioskop Permata," ujarnya.

Ari menjelaskan FKY ke 27 juga diselenggarakan di tingkat kota dan kabupaten. FKY di Kota Jogja akan digelar di Plaza Pasar Ngasem pada tanggal 1 - 4 September. Sementara FKY di Gunungkidul digelar di Alun-Alun Wonosari pada 22 - 27 Agustus.

" FKY Sleman di Lapangan Sendang Adi Mlati pada 21 - 23 Agustus 2015, FKY Bantul di Imogiri Sewon pada 20 -26 Agustus, dan FKY Kulonprogro di Alun-alun Wates pada 22 – 25 Agustus 2015," kata Ari menambahkan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pemda DIY, Umar Priyono mengatakan, FKY 27 berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya dinas kebudayaan di tingkat kabupaten dan propinsi sudah terlibat sejak awal FKY 27. dirinya berharap agar FKY tidak hanya menjadi tontonan tapi juga tuntunan.
(Fathi Mahmud/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini