Sukses

6 Makanan ini Bisa Membunuh Hewan Peliharaan di Rumah

Hati-hati! Jangan berikan makanan ini kepada hewan peliharaan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang memelihara hewan tentu ingin merawat mereka menjadi hewan yang bugar nan sehat. Layaknya sanak keluarga sendiri, ketika sakit datang menjangkiti diri mereka, pemelihara juga akan merasa panik dan khawatir.

Kadang, tanpa disadari sebenarnya sakit yang mereka rasakan tersebut akibat ulah kita yang tidak tahu kandungan dalam makanan yang berbahaya bagi hewan kesayangan. Hati-hati! Salah memberikan makanan bisa berdampak buruk kepada mereka, bahkan bisa membunuhnya. 

Pastikan Anda tidak mengabaikan kandungan yang terdapat di makanan. Seperti dilansir dari situs Boldsky pada Minggu (16/8/2015), berikut ini adalah bahan-bahan makanan yang berbahaya bagi hewan peliharaan.

 

Kafein
Asupan kafein memang baik bagi tubuh manusia, tetapi tidak bagi hewan peliharaan. Kafein dapat membuat mereka kejang, jantung berdetak amat cepat atau tremor, hingga gelisah. Hindari memberikan mereka kopi, teh, atau minuman berenergi lainnya.

Cokelat
Cokelat, terutama dark chocolate, amat beracun bagi hewan peliharaan. Mereka dapat membuat hewan kesayangan terkena diare dan muntah-muntah. Beberapa bahkan menyebabkan detak jantung tak normal, kejang, gagal ginjal, hingga kematian.

Anggur & Kismis
Asupan buah anggur dan kismis menyebabkan gangguan sistem pencernaan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Alkohol
Muntah, diare, dan kejang adalah efek paling umum yang ditemukan pada hewan peliharaan usai mereka menenggak alkohol.

Kacang-kacangan
Kacang memang baik bagi manusia, tetapi itu adalah makanan yang buruk bagi beberapa hewan peliharaan, terutama anjing. Anjing bisa muntah-muntah atau suhu tubuhnya meningkat drastis.

Bawang merah dan bawang putih
Banyak masalah pencernaan dan anemia hingga menyebabkan kerusakan sel darah merah jika hewan peliharaan dibiarkan untuk mengkonsumi bawang merah atau bawang putih. Terutama, jika Anda memiliki kucing sebagai hewan peliharaan.

(auf)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.