Sukses

Ini Dia Penampakan Anggrek Iriana Jokowi

Saat berkunjung ke Singapore Botanic Garden, Presiden Jokowi dihadiahi anggrek yang kemudian diberi nama Anggrek Iriana Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Jokowi diberi bunga anggrek saat berkunjung ke Singapore Botanic Garden pada akhir Juli silam. Sebagai tanda kehormatan, anggrek berjenis dendrobium hibrida tersebut diberi nama Dendrobium Iriana-Jokowi.

Pengawas Koleksi Anggrek Orchidarium dan Labolatorium Kultur Jaringan Taman Anggrek KRB, Eka Martha Della Rahayu mengatakan kini anggrek Iriana-Jokowi masih dirawat secara intensif di tempat konservasi Taman Anggrek KRB.

Saat tiba di tempat konservasi, anggrek tersebut dalam kondisi tidak berada di dalam pot dan sudah teserang penyakit jamur. Anggrek tersebut diserahkan kepada pihak konservasi tanaman anggrek di Kebun Raya Bogor (KRB) pada 31 Juli lalu dari pihak Kepresidenan RI.
Dalam perawatannya, Anggrek Dendrobium Iriana-Jokowi ini dimasukkan ke dalam pot lalu beri pupuk atonik. Pupuk Atonik sendiri berfungsi untuk anti stres pada tanaman.

"Lantas kita beri fungisida untuk menghentikan pertumbuhan jamur agar tidak merambat ke daun lain," kata Eka, saat ditemui awak Liputan6.com, Kamis (13/8/2015).

Ia menuturkan, anggrek Iriana-Jokowi ini merupakan hasil 12 kali persilangan dari jenis anggrek dalam negeri, luar negeri dan hibrida, serta anggrek berjenis endrobium hibrida. "Persilangan terdekatnya, yakni persilangan antara Dendrobium Christabella dengan Dendrobium Haldis Morterud," ujar Eka kemudian.

Namun, hampir 50 persen sifat anggrek tersebut mirip dengan anggrek asal dalam negeri, yakni dari Papua. Sebab, beberapa persilangan sebelumnya berasal dari anggrek dalam negeri.

"Ciri khas dari anggrek ini yakni petalnya yang berbentuk keriting dan lidahnya berwarna ungu. Ciri ini diturunkan dari anggrek induknya yang berasal dari dalam negeri," tutur Eka.

Eka mengatakan anggrek jenis Dendrobium Iriana-Jokowi ini baru pertama kali ada di Taman Anggrek KRB. Untuk itu, ia dan petugas konservasi lainnya sangat berkonsentrasi untuk merawat anggrek tersebut agar tidak mati.

"Sekarang kita masih fokus pada perawtannya dulu, nanti bila kondisinya sudah bagus kita akan usahakan lakukan perbanyakan," ungkapnya.

Kini, anggrek Iriana-Jokowi masih berada di dalam tempat konservasi tanaman anggrek dan belum boleh diperlihatkan kepada pengunjung, karena masih dalam perawatan yang intensif. (Bima Firmansyah/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.