Sukses

Eartha, Bola Bumi Terbesar yang Pernah Dibuat

Di tahun 1999, Eartha dinobatkan sebagai bola bumi terbesar di dunia dari Guiness Book of Records.

Liputan6.com - Eartha yang satu ini bukanlah aktris vintage ikonik Eartha Kitt, melainkan nama julukan untuk bola bumi terbesar yang pernah dibuat – walau ada kemungkinan bola bumi ini dinamakan sesuai si aktris. Bola dunia berputar terbesar ini terletak di kantor pusat DeLorme, perusahaan produk pemetaan di Yarmouth, Maine, USA.

Seperti dilansir dari situs Amusing Planet, bola ini memiliki diameter 2,5 meter dan berat 2500 kilogram. Ukuran jumbonya membuat Anda perlu naik yangga ke lantai 2 atau 3 jika ingin melihat belahan bumi Utara.

Pada tahun 1999, Guiness Book of Records mencatat Eartha sebagai bola dunia terbesar yang pernah dibuat, mengalahkan pemegang titel sebelumnya, The Globe of Peace yang terletak di Italia dan berukuran 2,7 meter lebih kecil diameternya. Bola ini kini dipajang di atrium 3 lantai yang bercahaya pada malam hari dan bisa dilihat dari Route 1 AS.

foto: Amusing Planet

foto: Amusing Planet

Eartha mulai dibangun pada tahun 1998 dan membutuhkan waktu 2 tahun untuk rampung. Bola dunia ini dibangun dengan skala 1:1 juta, sehingga satu milimeter merepresentasikan satu kilometer permukaan bumi. Ini membuat arsitek melakukan kerja keras dalam detail jaringan jalan dan area perkotaan, beserta relief dan info kedalaman lautan.

foto: Amusing Planet

foto: Amusing Planet

Sehingga, database yang digunakan untuk menghasilkan citra permukaan diperkirakan mencapai 140 gigabytes, ukuran yang luar biasa di tahun 1998 –dimana Google Maps belum ditemukan.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini