Sukses

Perabot Unik Terinspirasi dari Mainan Anak-anak

Plastisin yang umum menjadi mainan anak-anak menjadi inspirasi pembentukan perabot berseni.

Liputan6.com, Stockholm Plastisin, yang selama ini digunakan sebagai bahan model mainan anak-anak dan prakarya sekolah, menjadi inspirasi bagi seorang sarjana seni. Desainer Erika Emeren menciptakan desain pola di kursi, lampu, dan karpet yang menjadi karya tugas akhirnya dengan bermain dengan plastisin.

Emeren mengembangkan koleksinya, yang berjudul “Mengubah Kubus Putih” saat belajar di Sekolah Seni dan Desain di Stockholm, Swedia. Penggunaan bahan modeling yang umum menjadi mainan anak-anak digunakan dalam upayanya “mendobrak” kurikulum “meta-modernistik” yang dipelajarinya selama 3 tahun.

Emeren mendesain kursi, karpet dan lampu yang menampilkan bentuk tidak umum dan pola percikan yang terlihat dalam plastisin yang dicampuradukkan. Proyek ini merupakan cara menantang ide tentang bentuk kubus putih - geometris dan rapi - sangat disukai,” ungkap Emeren, seperti dilansir dari situs Dezeen pada Selasa (12/8/2015).

foto: Dezeen

foto: Dezeen

Sambungnya, “Dengan menantang norma, kita bisa memperluas cara kita memandang sebuah produk, dan dalam jangka waktu penjang menemukan cara yang lebih personal dan mudah diatur dalam pengaplikasiannya.” Emeren memulai desain awal produknya dengan membuat model menggunakan plastisin, yang kemudian dibuat dalam ukuran asli.

Ia memilih menggunakan material tradisional seperti kayu perabot, untuk memberi kontras dengan bentuk yang playful dan organik. “Saya tertarik untuk terus mengembangkan desain bentuk kursi dan lampu untuk membuatnya lebih terjangkau, akan sangat menarik untuk membawa metode ini dalam industri.”

foto: Dezeen

(ikr)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.