Sukses

Jet Lag Menyerang? Ringankan dengan Cara Ini

Untuk Anda yang suka bepergian, pasti sudah hafal betapa menyebalkannya jet lag.

Liputan6.com, Jakarta Pastinya, kita merasa bersemangat saat akan mengadakan perjalanan ke luar negeri. Namun, sisi buruknya, adalah jet lag yang menyebalkan.

Untuk Anda yang sering bepergian, pasti sudah hafal perjuangan menyelesaikan jam kerja tubuh di negeri orang.

Jangan bingung, beberapa tips ini bisa membantu, simak 5 tips untuk meredakan jet lag Anda yang dikutip dari Huffington Post, Selasa (4/8/2015) berikut ini.

Atur jadwal sesuai zona waktu lebih awal

Jika memungkinkan, coba atur rutinitas Anda dua jam lebih awal atau lebih lama, sesuai arah tujuan Anda. Tidur lebih awal atau lebih malam, dan ubah waktu makan Anda. Persiapan ini bisa membantu Anda.

Ubah jam lebih awal

Mengatur waktu di jam tangan atau gadget Anda akan membantu Anda mempersiapkan diri seperti di lokasi yang akan Anda datangi.

Hindari duduk di dekat jendela pesawat

Jika memungkinkan, booking tempat duduk di lokasi yang tidak terpapar sinar matahari, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk tidur di pesawat. Ambil juga keuntungan dari eye mask gratis atau bawa kacamata hitam.

Hindari alkohol dan kafein

Walau sangat menggoda, alkohol dan kafein akan ‘membalas’ tubuh Anda di perjalanan. Bertahanlah dengan hanya minum air dan tubuh Anda akan ada di kondisi terbaik saat sampai di tujuan.

Atur jadwal paparan cahaya

Sebagai persiapan, ‘paksa’ ritme tubuh Anda menyesuaikan dengan zona waktu baru dengan menghindarkan diri dari cahaya pada waktu-waktu tertentu. Akan tidak mudah, namun ada beberapa aplikasi gadget yang bisa membantu. (Ikr/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jet lag sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan respons tubuh yang wajar ketika seseorang mengalami perubahan zona waktu yang ekstrem.

    Jet Lag