Sukses

Saatnya Seniman Indonesia ‘Bicara’ di Kancah Dunia

Kesenian bisa menjadi media efektif untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kesenian tradisional tampaknya menjadi media yang efektif untuk mempromosikan branding Wonderful Indonesia ke mancanegara. Hal ini yang dilakukan Kementerian Pariwisata dalam meramaikan program UK National Tour 2015 – Discover Indonesia, pada Agustus - September 2015 di Inggris Raya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, melalui rilis yang diterima Tim Liputan6.com, Jumat (31/7/2015) mengatakan, program UK National Tour 2015 – Discover Indonesia diharapkan mampu berperan besar dalam mengangkat citra Indonesia di hadapan publik Inggris dan dunia sebagai negeri yang betul-betul menawan. Bukan hanya keindahan alam yang menawan, tetapi juga kekayaan seni budaya yang beraneka ragam.

Lebih jauh Menteri Arief menjelaskan, Inggris merupakan potensi pariwisata Indonesia. Kunjungan tim kesenian Indonesia membawa misi besar untuk merespons undangan dari berbagai pengelola festival dan gedung kesenian di Inggris. "Mereka terpesona dengan seni budaya Indonesia dengan segala keunikan dan warna-warninya, baik tradisional maupun kontemporer, lalu memutuskan untuk bekerja sama membuat festival khusus tentang Indonesia bertajuk Discover Indonesia," ujar Menteri Arief.

Sementara itu, Direktur Artistik Cryptic, Cathie Boyd, mengungkapkan, "Saya telah dan selalu terkesima dengan keragaman dan kekayaan warisan budaya Indonesia, yang sayangnya jarang sekali kami temui di negeri kami, Inggris Raya. Dalam memprogram Discover Indonesia, kami memilih berbagai kreasi yang menggairahkan untuk kami rangkai ke dalam satu payung kegiatan, dengan harapan dapat mengembangkan lebih jauh karya-karya semacam ini, yang merupakan tautan budaya penting di masa mendatang."

UK National Tour 2015 - Discover Indonesia merupakan bukti bahwa seniman Indonesia memiliki standar mutu yang tinggi, karena mampu menembus pasar kesenian internasional, dan seniman Indonesia siap bersaing di pentas dunia. Momentum ini bisa digunakan sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia melalui presentasi seni budaya. (Ibo/Bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini