Sukses

5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Tisu

Tisu memang praktis untuk membersihkan, namun juga bisa merusak beberapa hal.

Liputan6.com - Tisu merupakan perlengkapan rumah tangga favorit karena fungsi dan kemudahan menggunakannya. Ambil, bersihkan, buang. Begitulah prinsip penggunaan tisu, tidak seperti kain lap yang perlu dibersihkan lagi setelahnya.

Salah satu jenis tisu yang kita sering gunakan adalah tisu meja, yang sayangnya, tidak bisa membersihkan semuanya. Menurut Carolyn Forte yang merupakan Direktur di Cleaning Lab, inilah 5 benda yang tidak bisa dibersihkan dengan tisu meja, seperti dilansir dari situs Good Housekeeping pada Minggu (2/8/2015).

 

Kacamata
Kacamata memiliki permukaan yang bisa tergores jika dibersihkan dengan tisu meja, sehingga sebaiknya Anda bersihkan kacamata dengan kain dari optik.

 

Perabotan berdebu
Debu bersifat abrasif, dan tisu meja pun demikian. Mengelap permukaaan perabot dengan kertas tisu beresiko merusak vernis. Sebaiknya dalam membersihkan Anda gunakan kain halus.

 

Gadget
Terutama untuk layar smartphone, sebaiknya gunakan kain microfiber untuk gadget Anda. Jangan lupa gunakan alkohol karena kuman di permukaan telepon selular jauh lebih banyak dari yang Anda bayangkan.

 

Tumpahan di karpet
Permukaan kasar karpet bisa merobek tisu dan membuat seratnya ikut menempel, yang akan sangat sulit dibersihkan. Bersihkan karpet dengan kain putih dengan cara ditepuk, bukan digosok.

 

Blus hitam
Menggunakan tisu di kain bisa meninggalkan bekas putih, dan jika tisu tersebut dibasahi, efeknya lebih buruk lagi. Gunakanlah kain bersih.

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.