Sukses

Trik Membuat Cincin dari Sendok Makan

Jangan dibuang dahulu sendok makan yang tak terpakai, bentuknya yang unik bisa dijadikan cincin.

Liputan6.com, Jakarta Sendok selayaknya menjadi alat penunjang di meja makan Anda. Namun apa jadinya jika sendok menjadi bahan baku pembuatan cincin. Jangan dulu memikirkan tentang kerumitan cara membuatnya, karena cincin dari sendok makan ini dibuat hanya dengan beberapa alat sederhana.

Dilansir dari instructable.com, Kamis (30/7/2015), hanya butuh waktu 15 menit untuk membuat cincin dari sendok makan Anda, dan hasilnya tentu, jangan diragukan lagi. Selain unik dan berbeda di antara yang lain, cincin ini selama Anda pakai akan terkenang sebagai salah satu karya yang pernah Anda hasilkan.

Untuk membuat cincing dari sendok makan, hal yang pertama harus diperhatikan adalah pastikan sendok Anda tidak mengandung nikel, karena nikel bisa membawa iritasi pada kulit jari Anda. Selain itu, pilihlah sendok dengan bagian ujung yang unik, karena bagian ini akan menjadi sisi sentral dari cincin yang Anda buat.

foto: instructables.com

Beberapa alat yang diperlukan antara lain tang yang tajam, pipa besi (mandrel), palu karet, dan blok kayu. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan meletakkan sendok pada mandrel, kemudian dengan kekuatan tangan sendok tersebut ditekuk hingga membentuk lingkaran. Setelah bentuk sendok melingkar dengan sempurna, potong bagian utamanya yang tidak diperlukan menggunakan tang.

Anda perlu menghilangkan bagian tajam bekas potongan, di tahap ini fungsi palu dan amplas sangat berguna. Sesuaikan bentuk cincin dengan lingkaran jari orang yang akan memakainya. Gunakan palu karet untuk membentuk tanpa menghancurkan ciri khas tekstur yang ada pada sendok. Saat cincin telah terbentuk, namun kurang sejajar, Anda bisa menggunakan balok kayu dan palu untuk menyelaraskannya. Tahap terakhir adalah dengan memoles sehingga tanpak kinclong dan menawan. Tertarik membuatnya? (Ibo)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini