Sukses

Seorang Pria Jepang Selamatkan 500 Orang yang Coba Bunuh Diri

Melihat pasangan tua bunuh diri, pria asal Jepang bernama Yukio bertekad untuk mencegah orang bunuh diri.

Liputan6.com - Seorang pensiunan perwira polisi asal Jepang bernama Yukio Shige telah mengabdikan hidupnya selama lebih dari satu dekade untuk mencegah orang bunuh diri. Usai menggagalkan ratusan percobaan bunuh diri, pria berusia 70 tahun tersebut dikenal sebagai  ‘chotto matte man’ yang berarti `pria tunggu dulu`.

"Saya sudah melihat banyak kepedihan. Saya tidak ingin mendengar berita berkabung lagi. Jika membayangkan adegan bunuh diri, saya benar-benar merasa bahwa mereka ingin dibantu. Para pelaku ingin seseorang masuk dan menyelamatkan mereka," kata Yukio seperti dilansir dari situs OddityCentral pada Kamis (30/7/2015).

Pertemuan pertama Yukio dengan pelaku bunuh diri terjadi pada tahun 2003. Saat itu Yukio sedang melakukan patroli terakhir sebelum pensiun, ia bertemu dengan pasangan tua yang terjerat hutang. Mereka menceritakan rencana mereka untuk terjun ke laut saat matahari terbenam.

Kemudian, ia meminta mobil patroli dan membawa mereka ke biro kesejahteraan masyarakat. Sayangnya, permohonan mereka ditolak dan 5 hari kemudian pasangan tua itu menggantung diri mereka. Insiden tersebut mengguncang Yukio sehingga bertekad melawan bunuh diri.

Selama 11 tahun terakhir, Yukio bersama 3 orang sukarelawan melakukan patroli di tebing Tojibo, Prefektur Fukui - salah satu tempat wisata terpopuler yang sering dijadikan tempat bunuh diri. Mereka memperhatikan melalui binokuler. ketika ada gelagat seseorang untuk bunuh diri mereka akan mencoba berbicara dengan mereka.

(auf)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.