Sukses

Wakili Indonesia, Drum Band Banten Bertanding ke Amerika

Drumb Corp Internasional (DCI) merupakan kompetisi marching band paling bergengsi yang diikuti banyak negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Marching Band Gita Surosowan (MBGS) akan bertanding dalam Drumb Corp Internasional (DCI), kompetisi marching band bergensi yang pesertanya berasal dari berbagai negara di dunia.

"Sudah saat nya Banten masuk ke dunia (Internasional), bukan hanya jago kandang saja," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, usai melepas rombongan MBGS di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, saat ditemui awak Liputan6.com, Selasa (28/07/2015).

MBGS sendiri akan memainkan musik hasil karya sendiri berjudul "Sound of Surosowan" (suara dari Surosowan). Surosowan merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berbentuk benteng peninggalan Kesulatanan Banten sewaktu berjuang melawan penjajah Belanda.

Dalam penampilannya, MBGS akan mengkolaborasikan alat musik modern dengan alat musik tradisional seperti gamelan, gendang, hingga seruling Saluang Padang yang suaranya indah melengking.

"Target harus mendapatkan piala. MBGS itu marching band yang tidak disukai oleh kelompok lain, karena kita punya ciri khas. MBGS main dengan musik pentatonis. Kita punya Seruling Saluang Padang. Kita pakai tema lokal Surosowan," ungkap Rano menambahkan.

MBGS sendiri akan membawa personil sebanyak 178 orang, 130 orang di antaranya merupakan atlet dan 48 official marching band.

Keberangkatan sendiri akan dibagi menjadi dua kloter penerbanga dan akan menempuh perjalanan selama 26 jam dari bandara Soekarno-Hatta menuju Chicago, Amerika Serikat.

"Lukas Oil Stadium itu tempat yang sangat spesifik. Kalau ada orang film (produser/sutradara) nonton, nanti mereka akan dapat inspirasi dari musik pentatonik yang dibawakan oleh anak-anak MBGS," jelasnya.

Para anggota MBGS yang tercatat masih berstatus pelajar SMA akan bersaing dengan grup marching band dari negara lain, seperti Tiongkok, Amerika, dan Belanda.

MBGS dijadwalkan akan bertanding pada tanggal 3, 4,  6, 7 dan 8 Agustus 2015, dan kembali pulang ke Indonesia pada tanggal 12 Agustus. Sedangkan pada 17 Agustus, yang bertepatan dengan Dirgahayu Kemerdekaan RI, MBGS akan bermain meramaikan Istana Negara.

Sejumput asa ada di pundak para anggota MBGS untuk bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Jika menang dalam perhelatan bergengsi ini, maka di 2017, Indonesia secara otomatis akan menjadi tuan rumah perhelatan bergengsi Drumb Corp Internasional (DCI).

(Yandhi/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini