Sukses

Kursi Bayi di Mobil lebih Kotor Dibanding Toilet

Waw, jumlah bakteri berbahaya di kursi mobil khusus anak ternyata lebih banyak dibanding toilet.

Liputan6.com - Kekhawatir menitipkan anak mungkin lebih tinggi ketimbang membawa mereka ikut berkeliling dan menjalani aktivitas bersama dengan Anda. Semua bisa berkebalikan jika Anda mengetahui fakta mengenakan kursi mobil khusus untuk buah hati.

Memang perjalanan menjadi lebih mudah dan menyenangkan ketika buah hati telah dipersilahkan duduk di kursi khusus tersebut. Namun, ketahuilah bahwa kursi mobil khusus anak dapat lebih kotor dibanding yang Anda pikirkan.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kursi tersebut memiliki kuman 2 kali lebih banyak dibanding toilet. Seperti dilansir dari situs GoodHouseKeeping pada Rabu (29/7/2015), dari studi kepada 20 mobil dan rumah, para ilmuwan dari University of Birmingham menemukan sekitar 100 bakteri berbahaya dan jamur pada setiap centimeter persegi di kursi tersebut. Sementara hanya terdapat 50 di toilet.

"Kuman dapat menyebar lebih mudah di kendaraan jika tidak sering dibersihkan, terutama jika Anda makan di dalam dan tidak langsung membersihkannya. Kursi anak rentan terhadap remukan makanan yang dikunyah buah hati dan sampah lain, jadi tidak begitu mengherankan," ujar Dr. Anne-Marie Krachler dari Institute of Microbiology and Infection at the University of Birmingham.

Perhatikan betul kebersihan kursi tersebut. Beberapa model cukup dibersihkan kainnya saja, beberapa perlu dibersihkan seutuhnya. Direkomendasikan untuk menggunakan lap plastik vinyl, juga untuk bagian logam dengan kain basah yang menghindari tinta pada label peringatan. Jangan bersihkan dengan pemutih atau pembersih berbahan kimia kuat lainnya.

(auf)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.