Sukses

Santa Cruz del Islote, Pulau Imut Padat yang Penuh Kedamaian

“Hidup disini tentram dan nyaman,” ungkap salah satu penduduk asli.

Liputan6.com, Karibia Pulau Santa Cruz del Islote, yang terletak di kepulauan Karibia ini berukuran imut dengan luas persis 0.012 kilometer persegi. Namun, ada 1.200 orang penduduk yang berdiam di pulau tersebut. Alhasil pulau ini super padat.

Terletak di kepulauan San Bernardo, Santa Cruz del Islote hanya berjarak 2 jam dari Cartagena, Colombia.  Seperti dilansir dari situs News.com.au, pulau ini baru ditemukan 150 tahun lalu oleh nelayan yang berasal dari kota pantai Baru, 50 km dari pulau itu.

Mereka tertarik dengan pulau tersebut karena satu hal: di pulau ini tidak ditemukan nyamuk.

foto: News.com.au

Kini di sana terdapat 90 rumah, 2 toko, 1 restoran, dan 1 sekolah. Ruang pulau sungguh terbatas sehingga banyak dari bangunan yang strukturnya dikembangkan di atas air, dan sebagian dari tanah pulau merupakan buatan penduduk.

Tidak ada bangunan bertingkat di pulau, semua orang berdesakan di lantai dasar. Satu-satunya ruang `kosong` yang ada adalah sebuah lapangan berukuran setengah lapangan tenis.

Sebagian besar dari penduduk bekerja di pulau terdekat, dan kehidupan di pulau ini dianggap damai, dengan anak-anak yang mengerti sopan santun dan tidak ada pintu yang dikunci.

“Hidup disini tentram dan nyaman,” ungkap Juvenal Julio (66), anak cucu penemu Islote. “Tidak ada kekerasan, tidak butuh polisi, kenal satu sama lain, dan menikmati hari-hari.” Begitu deskripsi Julio mengenai kehidupan di Islote.

Sedangkan, jika ada penduduk yang meninggal dunia, mereka dikebumikan di pulau tetangga, diakibatkan tidak adanya tempat untuk tanah kuburan di pulau.

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini