Sukses

Maamoul, Kue Spesial Lebaran dari Timur Tengah

Ini resep Maamoul, sajian spesial lebaran dari Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran memang identik dengan kue. Ada berbagai macam jenis kue yang disajikan mulai dari kastangle, putri salju, nastar, dan lain sebagainya.

Bila Anda ingin memberi sedikit sentuhan Timur Tengah pada piring kue lebaran Anda kali ini, kue Maamoul bisa menjadi salah satu pilihannya.

Berikut ini adalah resep kue Maamoul seperti dilansir dari situs Zeenews pada Kamis (16/7/2015).

 

Bahan:

Adonan:
2 cangkir tepung terigu
1 cangkir tepung semolina
1 sendok teh baking powder
Susu 1/4 cangkir
2 batang mentega
1 sendok teh air jeruk

Isi:
1 cangkir kenari tanah
1/4 cangkir gula
1/4 sendok teh kayu manis
1 sendok teh air jeruk
8 kurma
minyak
gula bubuk

Cara Membuat:

Adonan: Dalam mangkuk besar, campurkan semua tepung, semolina dan baking powder. Tambahkan mentega, susu dan air jeruk dan aduk sampai adonan terbentuk.

Isi:
Blender kenari sampai halus, tuangkan ke dalam mangkuk dan tambahkan gula, kayu manis dan air jeruk. Berikutnya, masukkan kurma ke dalam blender dan proses. Kemudian tambahkan air limau dan sisihkan.

Untuk membentuk kue Maamoul, gulung adonan menjadi bola, lebih kecil dari bola golf, masukkan isi kedalamnya dan tutup kembali seperti bola. Berikutnya, oleskan cetakan dengan beberapa minyak agar adonan tidak menempel, tekan bola ke dalam cetakan dan kemudian susun adonan yang sudah dicetak.

Panaskan oven pada suhu 232 derajat celcius. Susun kue di atas loyang dan panggang di dalam oven selama 20 menit. Jika kue telah berwarna coklat muda, keluarkan kue dan taburkan bubuk gula diatasnya. Kue lebaran Anda siap untuk disajikan.

Pilihan kue kering untuk Lebaran

(mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.