Sukses

Pesona Indah Vihara Buddhayana, Tomohon

Melihat pesona indahnya vihara Buddhayana di Tomohon.

Liputan6.com, Jakarta Kota Tomohon yang berada di antara Gunung Lokon dan Mahawu bak warna-warni bunga yang bermekaran di taman. Pendapat tersebut tidak berlebihan, meski berbeda kepercayaan, Tomohon hidup dalam keharmonisan yang selalu terjaga. Jika Anda ingin menyaksikan keberagaman Tomohon, paculah kendaraan Anda memasuki kawasan Kakaskasen, di lokasi ini berdiri dengan megah sebuah vihara yang diperuntukkan bagi pengikut Tao.

Saat Liputan6.com berkunjung, yang ditulis pada Rabu (15/7/2015), catatan pengelola vihara menunjukkan bahwa sebenarnya bangunan vihara ini sudah ada sejak tahun 1980-an, namun baru diresmikan berdiri pada 2009 dengan nama Vihara Buddhayana.

Gunung Lokon dilihat dari kompleks Vihara Buddhayana

Di kompleks Vihara Buddhayana yang berhadapan langsung dengan pemandangan indah pegunungan, terdapat 18 patung Lohan, yang merupakan representasi dari 18 pendosa yang kembali ke jalan lurus. Patung-patung ini menjadi nampak indah dengan balutan warna emas dan detail gestur yang mewakili karakter 18 pendosa.

Bangunan utama di kompleks Vihara Buddhayana adalah Istana Dewi Kwan Im. Di bangunan bergaya Tionkok ini terdapat altar yang dilengkapi patung Buddha dengan ukuran yang sangat besar, selain juga terdapat patung Dewi Kwan Im. Di dalam istana inilah, para pengikut Tao terbiasa melakukan ibadahnya.

Pagoda Ekayana di kompleks Vihara Buddhayana

Bangunan unik lainnya yang ada di dalam kompleks Vihara Buddhayana adalah Pagoda Ekayana. Pagoda yang memiliki 8 tingkat, juga mempunyai altar tempat berdoa di tiap lantainya. Dari puncak pagoda, tiap pengunjung bisa menyaksikan keindahan Lokon yang berada tepat di seberangnya.

Jika Anda berkunjung ke satu-satunya vihara di Tomohon ini, tidak ada salahnya untuk mencoba ramalan Ciam Si. Dengan mengambil salah satu gulungan kertas yang ada di dalam wadah, tiap pengunjung akan mendapatkan kata-kata bijak, yang diyakini para pengikut Tao bisa memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi. Mengingat ini hanyalah ramalan, orang lain boleh percaya atau tidak.

Patung Lohan, representasi 18 pendosa yang kembali ke jalan lurus

(ibo/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.