Sukses

Bantul Targetkan 1 Juta Turis di Libur Lebaran

Pemerintah Kabupaten Bantul menargetkan jumlah turis mencapai angka 1 juta.

Liputan6.com, Bantul Libur lebaran akan digunakan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Bantul yang memiliki potensi wisata pantai seperti Parangtritis. Pemkab Bantul menargetkan 1 juta wisatawan selama libur lebaran tahun 2015.

Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo mengatakan pihaknya optimis kunjungan wisatawan dalam libur lebaran tahun ini bisa mencapai angka 1 juta. Bambang mengatakan target 1 juta wisatawan ini terhitung dari obyek wisata baik di pantai, desa wisata dan pusat kuliner.

Walaupun begitu perhitungan yang masuk dalam retribusi hanya 400 ribu wisatawan. Karena, tidak semua wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di Bantul yang ditarik retribusi. "Yang bisa ditarik retribusi sekitar 400 ribu, yang lainnya tersebar ke seluruh wilayah, misalnya desa wisata,serta wisata kuliner,"katanya saat dihubungi Senin (13/7/2015).

Bambang menyebut, wisata pantai masih menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke Bantul. Primadona yang belum tergantikan adalah pantai parangtritis. Menyambut libur lebaran di Pantai Parangtritis pihaknya menyiapkan berbagai atraksi dan hiburan bagi pengunjung pada tanggal 18-26 juli 2015. Salah satunya adalah penampilan band yang memainkan lagu koes plus dan permainan tradisional.

Soal kemacetan yang mungkin terjadi, Bantul sudah mengupayakan jalur alternatif agar tidak terjadi macet selama liburan lebaran. "Mobil dan motor kita arahkan pundong, tetapi bus besar tidak bisa. Kemarin sudah dicoba trial and error," jelas Bambang. Pihaknya juga sudah menyiapkan 150 petugas kebersihan dan dump truk untuk mengangkut sampah dikawasan obyek wisata.

(Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini