Sukses

Kantor sekaligus Tempat Tinggal yang Dilengkapi Kebun Sayur

Arsitektur Susan Fitzgerald membangun bangunan multifungsi di Kanada. Kantor sekaligus tempat tinggal tersebut dilengkapi kebun sayur.

Liputan6.com - Hamparan tanaman bunga dan kebun sayuran menghiasi sebuah properti 2 fungsi milik arsitek Susan Fitzgerald. Bangunan ini merupakan rumah tinggal sekaligus lokasi bekerjanya.

Proyek `King Street Live/Work/Grow` ini terletak di distrik Utara kota Halifax, Kanada. Fitzgerald dan pasangannya membangun 3 bagian di bangunan itu, yakni ruang tinggal utama, ruang studio, dan kantor perusahaan pengembangan arsitektur milik ia dan pasangannya.

Unit akomodasi dihadirkan di atas kantor. Sebuah lapangan dengan hamparan tanaman berdiri di tengah-tengahnya, sementara atap bangunan dipenuhi kotak berisi tumbuhan bunga-bunga dan sayuran.

foto: Dezeen

Setiap unit memiliki ruang masuk di lantai dasar. Dengan saling terhubung, mereka bisa merespons bergantinya situasi dari kondisi di rumah tangga ke bisnis dan sebaliknya.

Beton yang dibentuk papan dipilih sebagai material utama dalam konstruksi. Bahan ini digabungkan dengan metal berkerut untuk memberi ‘feel’ estetika industrial pada eksterior bangunan, ruang tinggal dan ruang bekerja.

foto: Dezeen

Dengan mengatur unit berbeda dalam satu garis dengan pemandangan langsung ke lapangan, Fitzgerald mampu memenuhi kode regulasi pembangunan dalam memenuhi pemolesan minimal pada bagian samping bangunan, sementara bagian interior mendapat cukup sinar matahari.

foto: Dezeen

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.