Sukses

Gerhana Matahari Total Terlihat Sempurna di Daerah Ini

Ini tempat yang tepat Anda kunjungi jika ingin melihat fenomena Gerhana Matahari Total dengan sempurna

Liputan6.com, Jakarta Gerhana Matahari Total yang akan terjadi di langit di atas kepulauan Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang membutuhkan penyuluhan untuk mengamati fenomena alam secara aman dan tepat kepada masyarakat sekitar dan wisatawan. Untuk mendidik dan memberikan informasi mengenai cara yang benar dalam mengamati fenomena spektakuler ini, asosiasi astronomi Indonesia dan masyarakat akan mengunjungi daerah yang memungkin gerhana matahari total akan terlihat sempurna.

Tidak hanya asosiasi astronomi, salah satu komunitas aktif dalam kegiatan benda-benda langit 'Southern Sky' juga ikut melakukan promosi dan penyuluhan. Komunitas ini telah mendirikan sebuah media online di tahun 2007 yang menyediakan informasi yang luas tentang astronomi dan semua fenomena spektakuler.

"Orang-orang yang benar-benar tertarik pada planet. Kami ingin mereka tahu informasi yang akurat tentang alam semesta seperti posisi Mars dan Bumi, bagaimana Venus melintasi matahari, termasuk gerhana matahari total ini," kata Avivah Yamani, pendiri Southern Sky seperti dilansir dari situs Wonderful Indonesia, Jumat (10/7/2015).

Gerhana Matahari Total akan terjadi tahun 2016 dan dapat disaksikan disejumlah kota besar di Indonesia.

Dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata, Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara telah terpilih sebagai daerah yang disurvei paling tepat untuk dijadikan tempat untuk mengamati fenomena tersebut, karena memberikan total waktu lebih lama sekitar 2 menit 45 detik.

"Sebenarnya, daerah di mana gerhana dapat diamati terlama yaitu di Halmahera Timur (3 menit 17 detik) sebelum matahari melintasi Samudra Pasifik, di mana gerhana dapat juga dilihat terpanjang di Mikronesia (4 menit 30 detik). Namun, Kementerian Pariwisata telah memilih untuk fokus pada Ternate karena pulau ini memiliki akomodasi yang memadai dan fasilitas pendukung bagi wisatawan," tambah Avivah.

Dengan terpilihnya Ternate sebagai daerah yang paling tepat untuk mengamati fenomena alam spektakuler ini sekaligus dapat mempromosikan keindahan Kota Ternate kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini akan berdampak baik bagi meningkatnya kunjungan pariwisata Kota Ternate. (Mit/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.