Sukses

Membuat Kue Kurma Untuk Hari Lebaran

Kue kurma bisa jadi salah satu sajian di perayaan lebaran Anda.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tinggal sepekan lagi, tentu sudah saatnya Anda dan keluarga menyiapkan kue lebaran yang sudah menjadi tradisi tiap tahunnya.

Selain untuk dimakan ketika hari kemenangan itu tiba, proses membuat kue lebaran juga dapat dimanfaatkan sebagai momen berkumpul bersama keluarga dalam nuansa keakraban di rumah. Berbagai jenis kue lebaran yang biasa disajikan adalah nastar, kastengel, kue coklat dan masih banyak lagi.

Selain kue-kue itu, Anda dapat menyajikan variasi kue lebaran dengan menggunakan kurma sebagai bahan dasarnya. Jika Anda ingin mencoba menu kue kurma ini dirumah, cara membuat nya juga tidak sulit.

Berikut ini cara membuat kue kurma seperti dilansir dari Food.com pada Jumat (10/7/2015).



Bahan:
4 cangkir tepung
1 biji fenugreek
1 sendok makan gula pasir
1 sendok makan ragi instan
1 cangkir mentega
1 1/2 cangkir susu
2 cangkir kurma, diaduk
2 sendok teh bubuk pala
1 putih telur
1 cangkir biji wijen
Garam secukupnya


Cara Membuatnya:
Campur tepung, fenugreek, garam, gula pasir dan ragi instan dalam mangkuk besar. Tambahkan mentega aduk menggunakan tangan Anda.

Panaskan susu sampai hangat kemudian tambahkan secara bertahap ke dalam campuran tepung. aduk terus untuk membentuk adonan yang lembut. Tutup dengan kain lembab selama setengah jam.
     
Masukkan kurma dalam mangkuk kemudian tambahkan pala. Bentuk dengan tangan Anda. Ambil sepotong kecil adonan kemudian taruh lembaran irisan kurma dan gulung dengan tangan Anda untuk membentuk kue panjang dan kecil. Ulangi dengan sisa adonan lainnya.

Taruh adonan dalam loyang yang telah diolesi dengan putih telur dan taburi wijen. Panggang dalam oven bersuhu 176 derajat celcius selama 12-15 menit atau sampai berwarna keemasan. Kue lebaran Anda siap disajikan, simpan pada toples.

Kue Kurma untuk Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini