Sukses

Mengenal Jenis Karbohidrat untuk Diet Anda

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal? Banyak wanita menginginkan hal tersebut sehingga mereka berlomba-lomba dan melakukan berbagai macam cara untuk menyingkirkan beberapa kilogram dari tubuh.

Memang ada kesulitan-kesulitan untuk mendapat tubuh impian. Sebab tak banyak yang memerhatikan kandungan asupan makanan secara mendetil, padahal mengurangi asupan karbohidrat harian saja juga sudah cukup membantu.

Terdapat berbagai cara mengakali pengurangan asupan karbohidrat, dengan tidak menyiksa diri. Belum percaya? Coba simak penjelasan tentang karbohidrat yang dilansir dari laman Lifehack pada Jumat (10/7/2015), berikut.

1. Mencoba memahami bagaimana cara kerja dari karbohidrat. Karbohidrat penting untuk memaksimalkan fungsi dalam tubuh seperti pertumbuhan dan metabolisme. Karbohidrat dapat ditemukan dalam makanan bertepung seperti roti dan pasta, atau bisa juga di dalam beras, buah, dan sayuran.

2. Tahu perbedaan dari karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam biji-bijian berkhasiat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan, berbeda dengan karbohidrat sederhana dari biji-bijian olahan yang justru bisa membuat berat badan naik dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

3. Cari tahu pola diet karbohidrat yang sesuai bagi Anda. Jawaban tergantung pada gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda cenderung orang yang aktif, mengkonsumsi banyak karbohidrat masih diperbolehkan karena ia akan diubah sebagai gula yang menjadi bahan bakar sebagai energi beraktivitas.

4. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ini: roti putih, nasi putih, pizza, muffin, biskuit, pancakes, serta roti hot dog dan burger.

5. Makan makanan yang rendah karbohidrat dan kaya karbohidrat kompleks ini: kacang, roti gandum, beras merah, serta oats dan biji-bijian lain.