Sukses

Kenali Belanda dengan Bersepeda

Belanda didapuk sebagai salah satu negara yang memiliki jalur khusus sepeda terpanjang di dunia, yang dilengkapi sistem yang sempurna

Liputan6.com, Jakarta Indonesia nampaknya mesti belajar banyak dengan Belanda dalam memperlakukan pengendara sepeda. Belanda yang memiliki reputasi baik perihal sistem transportasi, menjadikan pengendara sepeda sebagai fokus dalam pembangunan infrastruktur. Tak heran jika berkunjung ke negara van oranye tersebut, akan terlihat jalur siklus yang eksklusif yang dibuat khusus bagi pengendara sepeda.

Seperti yang dilaporkan Holland.com, Kamis (9/7/2015), pengendara sepeda di Belanda juga memiliki jalan penyeberangan hingga lampu lalu-lintas sendiri. Jalan sepeda dibuat bercabang dan terkoneksi satu sama lain, sehingga memungkinkan Anda untuk mencapai berbagai tempat yang tidak bisa diakses dengan kendaraan besar. Hal tersebut berlaku baik di dalam kota maupun di pedesaan. 

foto: Holland.com

Pemerintah Belanda yang mendorong peningkatan budaya naik sepeda sejak tahun 1970-an, telah mengatur lalu lintas bersepeda dengan sangat ketat. Para pesepeda diperlakukan layaknya raja yang harus dihormati. Bahkan mobil yang menyenggol pesepeda di jalan akan dikenakan sanksi yang berat. Karena peningkatan jumlah pesepeda yang terus meningkat, landskap Belanda semakin asri dan udara menjadi bersih dari polusi. 

foto: Holland.com

Jika Anda berkunjung ke Belanda dan ingin mengenal lebih dekat tentang budaya dan berbagai tempat menarik, disarankan untuk menggunakan sepeda. Berbagai alasan mendukung Anda untuk menjawab perlunya menggunakan sepeda selama melancong di Belanda. Satu alasan utama tersebut adalah Belanda memiliki jalan khusus sepeda terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 30.000 km.

foto: Holland.com

Jalur sepeda yang panjang ini dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas yang lengkap dan sudah disempurnakan dan terpisah, sehingga para pesepeda tidak mungkin tersesat saat menggunakan jalur khusus ini. Belanda merupakan negara datar, yang membuat para pesepeda mampu mengayuh sepedanya hingga jarak yang jauh, apalagi didukung iklim ringan, sehingga jarang terjadi cuaca ekstrem yang terlalu panas atau terlalu dingin. 

Alasan terpenting lainnya mengapa harus menggunakan sepeda saat berada di Belanda adalah Anda akan dihormati sebagai manusia yang peduli terhadap transportasi hijau, yang berkontribusi tinggi bagi keberlangsungan hidup asri dan nyaman.

(ibo/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini