Sukses

Hukum Wanita Haid Memegang Alquran

Saat membaca Alquran, kita harus mengesankan seolah-olah Allah SWT sendiri yang berfirman kepada kita, supaya firman Allah nempel di hati.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam agama Islam, wanita yang sedang haid atau nifas tidak diperbolehkan melaksanakan salat dan ibadah puasa. Tidak hanya itu, mereka juga dilarang memegang atau menyentuh kitab suci Alquran.

Larangan ini karena Alquran merupakan kitab suci umat Muslim, maka siapa pun yang memegangnya haruslah dalam keadaan suci juga. Suci di diri maksudnya, orang yang akan memegang Alquran terlebih dulu harus berwudu.

Tidak hanya berwudu, dalam membaca Alquran umat Islam juga harus mengikuti adab-adab yang telah ditentukan. Yakni membaca taawuz, lalu duduk dalam posisi yang benar-benar bagus.

Saat membaca Alquran, kita harus mengesankan seolah-olah Allah SWT sendiri yang berfirman kepada kita. Hal ini penting supaya ayat-ayat Allah menempel di hati kita dan mudah mengamalkan dan mendakwahkan isi Alquran.

Berbeda dengan memegang, membaca ayat Alquran oleh sebagian ulama, masih diperbolehkan bagi wanita yang sedang haid atau nifas.

Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya hukum wanita haid atau nifas memegang Alquran, berikut penjelasan Medina kepada Liputan6.com:

Departemen Keamanan dan Kesehatan Masyarakat Dubai bakal mendenda hotel hingga US$ 5.400 jika ketahuan melanggar aturan kesehatan dan keselamatan jika membiarkan ada yang merokok selama di Ramadan.

Hotel dan restoran yang ingin memiliki lokasi merokok, harus terlebih dulu mendapatkan persetujuan dari departemen perencanaan, serta izin akhir dari Departemen Keamanan dan Kesehatan Masyarakat.

Hotel tidak hanya harus memiliki izin untuk beroperasi, mereka juga harus memisahkan daerah merokok dari sisa tenda, serta menegakkan kebijakan yang boleh merokok minimal berumur 18 tahun ke atas.

Departemen ini juga mengimplementasikan beberapa aturan lainnya terbakar dan keselamatan umum dalam Ramadhan tenda.

Menurut Direktur Departemen Keamanan dan Kesehatan Masyarakat Dubai Municipality, Marwan Al Mohammed, berbicara kepada Khaleej kali, empat hotel telah didenda karena pelanggaran sejauh ini di bulan Ramadan 2015.

"Keluarga dan anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan di daerah di mana orang merokok," kata Mohammed,

Staf hotel harus ketat mematuhi aturan-aturan ini dan inspektur kotamadya akan melakukan kunjungan untuk mengamati kepatuhan, tambahnya.

Pelanggar awal akan didenda $ 2700, dengan pelanggar berulang mendapatkan denda curam dan akhirnya menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.