Sukses

Hindari Macet Saat Mudik dan Berwisata dengan Google Maps

Kurangnya persiapan teknis membuat perjalanan mudik dan berwisata Anda menjadi tidak menyenangkan, terjebak macet di jalan salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan kebiasaan yang telah menjadi ritus saat menjelang lebaran. Berkumpul dengan keluarga di hari raya setelah lama hidup di perantauan tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun mudik juga perlu berbagai persiapan, mulai dari persiapan mental, fisik, hingga persiapan teknis yang juga tak kalah pentingnya.

Kurangnya persiapan teknis kerap membuat perjalanan mudik Anda menjadi tidak menyenangkan, seperti terjebak macet misalnya. Namun kini tidak perlu khawatir terjebak macet saat mudik dan berwisata di kampung halaman Anda saat lebaran, pasalnya Google Maps Indonesia telah merilis pembaruan aplikasi mengenai informasi kemacetan yang di-update secara real time.

Pengendara lintas kota dan mereka yang kerap menghabiskan waktu melawan kemacetan jalan, mulai hari ini bisa mengakses informasi kemacetan di 19 kota di Indonesia melalui Google Maps secara real time. Ke-19 kota tersebut antara lain Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, Pekanbaru, dan Jambi.

Selain informasi kemacetan, Google Maps juga akan memberikan informasi real time mengenai kecelakaan, perbaikan jalan, hingga penutupan jalan. Jika ketiga hal tersebut terjadi, Google Maps akan langsung memberikan rute alternatif, termasuk penjelasan mengapa rute tersebut disarankan.

Suren Ruhela, Program Management Google, berdasarkan rilis yang diterima Tim Liputan6.com, Rabu (1/7/2015) mengungkapkan, “Tujuan kami adalah untuk terus membuat Google Maps menjadi perangkat yang komprehensif dan mudah digunakan bagi pengguna di Indonesia, dan kami berharap informasi kemacetan real time di 19 kota ini akan membantu pengendara di kota-kota seluruh Indonesia menemukan rute tercepat ke tujuan mereka.”

Peluncuran informasi kemacetan hari ini di 19 kota adalah bagian dari inisiatif Google untuk membuat Google Maps lebih berguna bagi pengguna di Indonesia. Tahun lalu, Google telah memperkenalkan fitur gambar street view untuk Jakarta, Bogor, Denpasar, Surabaya, dan Taman Nasional Komodo. Semoga peluncuran informasi kemacetan ini berguna bagi Anda yang ingin berpergian jauh dalam waktu dekat. Selamat mudik dan selamat berwisata di kampung halaman Anda. (Ibo/Bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini