Sukses

Rute Komik, Jalanan dengan Mural Tokoh Komik di Belgia

Untuk merayakan sejarah komik strip, Brussel menciptakan Rute Komik.

Liputan6.com, Brussels Bukan hanya Jepang negara yang punya kebanggaan atas buku komik. Mengenai komik strip, Belgia memiliki sejarah panjang yang kini dirayakan dalam bentuk Rute Komik.

Rute Komik merupakan jalan yang membawa Anda menelusuri bangunan-bangunan dan dinding di kota Brussels, lingkungan Laeken dan Auderghem, di mana dilukis berbagai mural raksasa bergambar karakter-karakter komik Franco-Belgian yang populer, -yang mungkin Anda juga masih ingat jika membaca komiknya, seperti Tintin, Smurf, Lucky Luke, dan lain sebagainya.

foto: Amusing Planetfoto: Amusing Planet

Dilaporkan dari Amusing Planet, Rabu (1/7/2015), Proyek ini dimulai pada 1991, diinisiasikan oleh otoritas kota yang berkolaborasi dengan Belgian Comic Strip Center.foto: Amusing Planet

Di Belgia awal abad 20, komik strip awalnya merupakan medium populer yang diterbitkan di media seperti koran dan majalah mingguan, sebagai rubrik humor yang kini telah menjadi bentuk karya seni.

foto: Amusing Planet

foto: Amusing Planet

Kini, dengan 700 pengarang komik strip, Belgia memiliki seniman komik strip per kilometer kubik dibanding negara-negara lain di dunia. Komik Adventures of Tintin oleh George Prosper Remi yang dikenal dengan nama Herge diterbitkan mulai tahun 1929 dan kini menjadi salah satu komik paling populer.

foto: Amusing Planetfoto: Amusing Planet

Saat perang dunia, mengimpor komik dari AS tidak memungkinkan. Ini menciptakan kesempatan bagi banyak seniman muda untuk bekerja di bisnis komik dan animasi. Berawal dari mengadaptasi kisah superhero AS seperti Superman dan Flash Gordon, industri komik terus berkembang. Dengan didukung oleh sejumlah penerbit, pasar komik lokal Belgia semakin matang. (Ikr/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini