Sukses

Ketahui Arti Angka di Wadah Makanan Berbahan Plastik

Apa arti angka yang tertera di wadah makanan berbahan plastik?

Liputan6.com, Jakarta Food container atau wadah makanan berbahanplastik merupakan salah satu perlengkapan dapur yang penting. Memilih food container tidak bisa sembarangan karena bahan plastik yang digunakan bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila kualitas bahannya rendah. Hal ini berdampak pada makanan yang disimpan didalamnya.

Semakin lama makanan disimpan, semakin lama pula makanan tersebut bersentuhan dengan bahan kimia pada food container, dan dapat menyebabkan kanker. Cek dan membandingkan suatu produk sebelum membeli sangat penting.

Food container yang baik harus memenuhi salah satu kriteria: memiliki simbol gelas dan garpu, memiliki tulisan 'Food Grade' atau tulisan 'Approved by FDA'. Salah satu hal yang paling penting adalah memperhatikan tanda panah yang menyerupai bentuk "segitiga" yang kerap ditemukan pada wadah berbahan plastik.

Dalam setiap tanda segitiga tersebut terdapat angka didalamnya yaitu angka 1 - 7. Setiap angka memiliki arti sebagai berikut.

 

Angka 1 (PETE/PET): jenis plastik yang hanya boleh dipakai sekali dan tidak boleh digunakan untuk menyimpan minuman/makanan yang panas/hangat.

Angka 2 (HDPE): jenis plastik yang memiliki bahan lebih kuat dan tahan terhadap suhu tinggi dan tergolong aman, namun hanya dapat dipakai sekali.

Angka 3 (V): jenis plastik yang sulit didaur ulang dan berbahaya untuk makanan/minuman karena mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk ginjal dan hati.

Angka 4 (LDPE): jenis plastik yang kuat dan fleksibel, mudah didaur ulang dan aman untuk makanan/minuman.

Angka 5 (PP): jenis plastik terbaik diantara yang telah disebutkan sebelumnya. Sangat aman untuk makanan dan minuman.

Angka 6 (PS): jenis plastik yang perlu dihindari untuk makanan/minuman karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan dapat berdampak pada janin perempuan.

Angka 7 (OTHER): jenis plastik yang banyak digunakan pada peralatan dapur, memiliki jenis bahan yang kuat namun tidak dianjurkan digunakan sebagai tempat makanan atau minuman.

 

Demikian cara memilih food container sebagai salah satu perangkat dapur untuk menyimpan dan menyiapkan makanan secara efektif. Priceza Indonesia membantu pembeli untuk berbelanja dengan cerdas setiap hari dengan 3 langkah sederhana: cari, bandingkan harga, dan beli! Kunjungi www.Priceza.co.id untuk mendapatkan berbagai macam produk dengan harga termurah!

(Priceza Indonesia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.