Sukses

Sumsel Dorong Songket Palembang Jadi Warisan Dunia UNESCO

Setelah resmi menjadi Warisan Budaya Indonesia, Songket Palembang akan diajukan menjadi Warisan Dunia UNESCO.

Liputan6.com, Jakarta Setelah resmi menjadi menjadi salah satu Warisan Budaya Indonesia pada 2013 silam, Songket Palembang yang menjadi ciri khas Provinsi Sumatera Selatan kini akan diajukan sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tengah melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah merencanakan kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yang berwujud deklarasi Tenun Songket Palembang sebagai Warisan Budaya Indonesia.

Irene Camelyn Sinaga, Plt kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, mengungkapkan bahwa rencana pengajuan Tenun Songket sebagai Warisan Dunia UNESCO merupakan hal serius yang kini sedang difokuskan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Deklarasi Tenun Singket Palembang sebagai Warisan Budaya Indonesia yang masuk warisan budaya tak benda Indonesia 2013 ini menjadi jalan menuju pengajuan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Deklarasinya akan kita gelar pada 28-29 Juli nanti. Yang akan ditonjolkan seperti keorisinilan songket yang menjadi budaya asli Sumsel,” ungkap Irene kepada awak Liputan6.com di Palembang, Jumat (26/6/2015).

Disbudpar Sumsel juga telah menggandeng beberapa instansi terkait dan tokoh masyarakat untuk menyusun persiapan pengajuan ke UNESCO, seperti badan penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Sumsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, serta para budayawan dari Sumsel.

Disbudpar Sumsel berharap, dengan deklarasi ini menjadi solusi peningkatan pengembangan industri Songket Palembag, selain juga memperkenalkan budaya Sumatera Selatan yang khas kepada masyarakat yang lebih luas.

(Nefri Inge/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini