Sukses

5 Pertanyaan untuk Lulusan Baru sebelum Terima Pekerjaan Pertama

Untuk Anda yang baru lulus, tanyakanlah 5 pertanyaan ini kepada diri Anda sebelum menerima sebuah tawaran kerja.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seseorang yang baru lulus, bagaimana cara mengetahui pekerjaan pertama merupakan pekerjaan yang tepat?

“Di ekonomi yang memburuk ini, normal bagi seorang fresh graduate merasakan tekanan untuk menerima pekerjaan apapun, bahwa pekerjaan ideal masih jauh berada di masa depan.” Ungkap Katharine Brooks, Direktur Eksekutif perkembangan karir dan kepribadian di Wake Forest University, Winston-Salem, N.C. Brooks yang juga menulis sebuah blog karir di Psychology Today dan pengarang buku You Majored in What? Mapping Your Path From Chaos to Career.

Menurut Brook, ada pertanyaan-pertanyaan yang perlu menjadi pertimbangan seorang fresh graduate sebelum menerima pekerjaan pertama mereka, dilaporkan dari Toronto Sun, Kamis (25/6/2015). Apa saja pertanyaan-pertanyaan itu?

1. Berapa banyak gaji yang cukup?
Jangan hanya melihat angka gaji. Sebaiknya, lihat seluruh aspek pekerjaan dan keuntungan dari perusahaan, seperti waktu fleksibel, kemungkinan bekerja selain di kantor, lingkungan kerja terbuka, atau struktur organisasi. Pertimbangkan juga aspek jaminan kesehatan.

2. Bagaimana perasaan saya jika mendapat pekerjaan ini?
Saat mempertimbangkan tawaran, lakukan riset mendalam mengenai perusahaan atau organisasi, dan riset perusahaan tersebut secara online untuk mendapat kesan apakah misi perusahaan sejalan dengan nilai diri Anda.

3. Bagaimana menggunakan bakat saya di posisi ini?
Menerima sebuah posisi bisa berarti membangun keterampilan yang sudah ada atau mempelajari keterampilan baru. Pikirkan bagaimana pilihan ini mempengaruhi kemampuan Anda mencapai target karir dan personal dalam jangka panjang.

4. Bagaimana pekerjaan ini cocok dengan passion dan minat saya
Sebelum mulai bekerja, pikirkan apa yang membuat Anda senang dengan kesempatan ini, dan di saat yang bersamaan, pikirkan fokus jangka panjangnya. Anda mungkin tidak semata-mata bisa langsung menggunakan bakat Anda. Ingatlah, dalam memulai bidang karir baru, ada kurva pembelajaran besar di depan Anda.

5. Apa posisi ini mampu membuat perubahan yang terasa penuh arti?
Membuat perbedaan, walau terkesan naif, sesungguhnya merupakan komponen penting dalam karir. Apakah membuat perbedaan itu penting, atau faktor lain yang lebih utama dari keinginan ini? Hanya Anda yang bisa memutuskan.

(ikr/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini