Sukses

Kesalahan yang Bisa Akibatkan Rumah Terbakar

Waspadalah akan resiko kebakaran rumah.

Liputan6.com, Jakarta Seiring datangnya musim kemarau, Anda perlu waspada akan kebakaran.

Pasti tidak ada dari kita yang ingin rumah kita terbakar. Selain resiko kehilangan benda berharga atau surat-surat penting, kebakaran bisa mengakibatkan cedera, bahkan kehilangan anggota keluarga, atau bahkan kehilangan nyawa Anda sendiri.

Sesungguhnya, pencegahan kebakaran tidak sulit. Namun sering kali kita lalai dalam melakukan hal ini, yang beresiko mengakibatkan kebakaran. Sebelum menjadi korban dalam kebakaran, simak hal-hal yang harus Anda hindari untuk mencegah kebakaran, seperti yang dilansir dari laman goodhousekeeping.com, Senin (22/6/2015). 

1. Mengumpulkan Alat Elektrik di Satu Tempat

Sebaiknya dalam memasang kabel, jangan gunakan ekstension, dan langsung pasang di outlet dinding. Lebih dari satu alat elektrik di outlet berpotensi menyebabkan konslet pada kabel.

2. Meninggalkan Masakan

Memasak tanpa pengawasan merupakan salah satu penyebab utama kebakaran rumah. Dimana menggoreng merupakan kegiatan paling beresiko.

3. Masih Gunakan Kabel yang Hampir Rusak

Menggunakan kabel dengan kualitas yang sudah menurun bisa menyebabkan sengatan listrik. Selain itu, panas dari kabel sangat mudah menghasilkan api saat bersentuhan dengan apapun.

4. Meninggalkan Rumah dengan Alat Listrik Menyala

Saat akan meninggalkan rumah, pastikan semua kabel sudah dicabut.

5. Tidak Memedulikan Mesin Pengering

Menurut USFA (United States Fire Administration), ada 2.900 kasus kebakaran yang berasal dari mesin pengering. 34 persennya terjadi karena pemilik rumah tidak membersihkan kain tiras pengering yang tersumbat. Padahal, jika tidak dibersihkan, panas dari mesin pengering akan terperangkap dan kebakaran bisa terjadi. Walau survey ini dilakukan di AS, resiko ini tetap bisa terjadi selama ada penduduk Indonesia yang juga menggunakan mesin cuci. 

6. Meninggalkan Lilin

Walau terdengar simpel, kenyataannya, api tetaplah api. Lilin bisa saja tersenggol oleh hewan peliharaan Anda dan apinya mengenai perabot atau bahan yang mudah terbakar. (Ikr/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini