Sukses

Okavango Delta, Padang Gurun Terindah di Jagat Raya

Menjadi habitat beranekaragam spesies fauna, Okavango Delta merupakan primadona bagi mereka yang mencintai petualangan di alam liar.

Liputan6.com, Jakarta Okavango Delta di Botswana merupakan salah satu padang gurun yang paling indah di bumi. Diisi dengan lebih dari 122 spesies mamalia (termasuk anjing liar langka), lebih dari 440 jenis burung , 64 jenis reptil, dan 71 jenis ikan. Ini adalah surga bagi siapapun yang ingin berpetualangan di padang gurung Okavango yang terkenal.

Mengutip laman goafrika.about.com, Sabtu (20 /6/2015), Okavango Delta di Bostwana terdiri dari lahan basan dan lahan kering, yang terbadi dalam tiga bagian, yaitu daratan, hutan, dan laguna. Semua bagian dipenuhi satwa liar yang menawan.

Foto: safaribookings.com

Para pengunjung Okavango dapat menikmati safari melihat berbagai fauna dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan sejenis perahu sampan tradisional. Okavango yang secara geografis terletak pada cekungan Kalahari, beberapa bagiannya selalu tergenang air saat musim hujan (April dan Mei).  Hal ini juga dipengaruhi adanya pergeseran lempeng tektonik yang mengubah landskap Okavango secara teratur.

Foto: goafrica.com

Untuk mencapai kawasan Okavango Delta tidaklah mudah, satu-satunya cara untuk sampai di padang gurun menawan ini hanya dengan menggunakan pesawat kecil. Okavango Delta juga dikelola dengan pengawasan yang ketat dan hati-hati, bahkan beberapa bangunan yang ada di kawasan ini didirikan atas prinsip-prinsip ramah lingkungan. Ketatnya pengawasan tentu bertujuan untuk menjaga kerusakan yang padang gurun yang disebabkan oleh ulah tangan manusia. (Ibo/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini