Sukses

Ini Dia 5 Resep Takjil Berbahan Kurma

Untuk Anda yang ingin membuat variasi lain dari kurma untuk dihidangkan saat berbuka puasa, berikut resep takjil kurma yang lezat.

Liputan6.com, Jakarta Berbuka puasa biasanya selalu diawali dengan yang manis, seperti yang terdapat pada hadis Nabi. Kurma menjadi salah satu pilihan makanan manis sebagai menu berbuka puasa. Namun, banyak orang yang bosan jika memakan kurma dalam bentuk buahnya saja. Untuk itu Anda dapat mengolah kurma menjadi sajian takjil manis yang lezat.

Buah yang selalu identik dengan bulan Ramadan ini bisa disulap menjadi makanan takjil yang lebih fresh dan tidak membosankan. bagi Anda yang ingin mencoba mengolahnya di rumah, berikut 7 resep takjil kurma, seperti yang dilansir dari Qraved.com, Jumat (19/6/2015). (Mit/Ibo)1. Puding Kopi KurmaPuding selalu menjadi makanan favorit untuk berbuka puasa. Selain bisa membuat perut kenyang, rasa manisnya juga segar dan tepat sekali untuk menu berbuka puasa Anda. Nah, Bagaimana jika puding yang sudah lezat ini dikombinasikan dengan buah kurma yang manisnya membuat Anda ketagihan? tidak hanya itu, Anda dapat menambahkan rasa cappucino ke dalam puding lezat ini. Ingin tahu cara pembuatannya, berikut resepnya.Bahan-bahan:2   bungkus agar-agar25  gram kopi cappuccino50  gram gula pasir500 ml susu cair3   putih telur30  gram gula pasir50  gram whipping cream150 gram kurma yang sudah dipotong-potongCara Membuat:Campur agar-agar dengan bubuk kopi cappuccino, gula, dan susu cair dalam panci. Jangan lupa aduk terus saat memasak hingga mendidih. Setelah mendidih, tiriskan. Lalu kocok putih telur hingga setengah mengembang dan tambahkan sisa 30 gram gula pasir. Kocok kembali hingga kaku. Setelah itu, tuangkan larutan agar-agar ke dalam kocokan putih telur lalu kocok hingga rata.Masukkan kurma dan aduk hingga rata, tuangkan adonan ke dalam loyang dan diamkan hingga membeku. Keluarkan dari loyang dan potong-potong, pudding kopi kurma buatan anda sudah siap disajikan.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kue Lemon Kurma

2. Kue Lemon KurmaBahan-bahan:125 gram margarin100 gram kurma, potong kecil, cuci dan tiriskan150 gram tepung terigu30 gram tepung maizena100 gram kacang tanah, sangrai dan giling halus1 sendok makan parutan kulit jeruk lemon1 sendok makan air jeruk lemonCara membuat :Kocok margarin, parutan kulit jeruk dan gula pasir hingga putih. Masukkan air jeruk lemon, tepung terigu, tepung maizena, kacang sangrai dan kurma, aduk rata Bentuk bulat atau bentuk sesuai selera.Lalu masukkan oven hingga matang. Takjil kurma ini siap untuk dihidangkan, tidak memerlukan waktu yang lama bukan?

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

3 dari 5 halaman

3. Kurma Cake

3. Kurma CakeBahan-bahan:buah kurma segar 200 g (potong potong)tepung terigu 225 gbaking powder 1 sdtsoda kue 1/2 sdtgula halus 200 gtelur ayam 4 kuningputih telur 4 buahmargarin 100 gmentega 125 gCara Membuat:Campurkan tepung terigu, soda kue serta baking powder jadi satu. sisihkan.Kocok margarin dan mentega dengan gula pasir sampai adonan tercampur rata. Kemudian masukkan campuran tepung terigu, aduk rata kembali.Di tempat terpisah kocok putih telur sampai kaku kemudian masukkan ke adonan, aduk hingga rata. Tuangkan adonan ke loyang yang telah dioles margarin dan di taburi terigu. Ratakan.Panggang Cake kurma selama 45 menit dengan suhu 180 C sampai matang, angkat dan dinginkan. Agar lebih lezat simpan cake kurma spesial ini dalam lemari es dan sajikan dingin.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

4 dari 5 halaman

4. Bolu Kurma

4. Bolu KurmaBahan-bahan:tepung terigu 150 grkurma 300 gr ( potong potong )kacang mete 50 gr ( cincang )baking powder 3 grsoda kue 2 grmargarin 300 grgula halus 90 grgula palem 45 grtelur 3 btrCara Membuat:Ayak (saring) tepung terigu, baking powder, dan soda kue. sisihkan.Campurkan margarin dengan gula halus serta gula palem, kocok sampai tercampur rata. Lalu masukkan campuran tepung yang sudah di ayak, aduk rata kembali.Selanjutnya masukkan buah kurma serta kacang mete, aduk sampai rata. Masukkan adonan kue bolu kurma ke loyang yang telah dioles dengan margarin dan beralas kertas roti.Kemudian panggang adonan bolu ke dalam oven bersuhu, 180 C sekitar 35 menit atau sampai matang. Angkat dan siap untuk disajikan menunggu beduk buka puasa.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

5 dari 5 halaman

5. Kurma Cookies

5. Kurma CookiesBahan-bahan:225 gram tepung terigu50 gram kurma jenis kering, potong kecil-kecil25 gram cornflakes, hancurkan hingga membentuk remahan150 gram mentega tawar75 gram gula bubuk, ayak2 sdm susu bubuk putih1/2 sdt vanili bubuk1 sdt baking powder1/4 sdt soda kue

Cara Membuat:Ayak tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan baking soda, campur menjadi satu. Kemudian sisihkan.Kocok gula, mentega, dan vanili hingga tercampur dan lembut. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk terus hingga tercampur rata. Masukkan kurma dan cornflakes, aduk hingga rata.Ambil sedikit adonan, buat menjadi bulatan, lalu sedikit tekan hingga menjadi pipih. Bisa Anda gunakan garpu untuk memipihkan adonan. Susun kue yang telah dicetak di atas loyang yang telah dioles dengan mentega tipis.Panggang kue dengan oven bersuhu 170 derajat celsius selama 25-30 menit. Tunggu hingga kue matang.Angkat, dinginkan dengan suhu ruangan, susun di dalam toples. Selama mencoba dan selamat berbuka puasa dengan sajian takjil kurma ini.

Variasi Takjil Berbahan Dasar Kurma Yang Segar dan Lezat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.