Sukses

Setenil de las Bodegas, Kota di Bawah Batu di Spanyol

Bukan hanya Patrick Star di Spongebob yang tinggalnya di bawah batu. Tengok masyarakat kota Setenil de las Bodegas, Spanyol.

Liputan6.com, Cadiz, Spanyol Setenil de las Bodegas adalah sebuah kota di Spanyol yang secara harfiah berarti `Ada di bawah batu`. Tempat ini menunjukkan bahwa kemampuan manusia mengubah lingkungan yang tidak ramah menjadi tempat tinggal memang tidak bisa diremehkan.

Berpenduduk 3000 jiwa, kota ini berlokasi tepat di bawah permukaan batu karang raksasa yang terbentang. Mengerikan sekaligus menakjubkan, sebagian dari bangunan disesuaikan sedemikian rupa dengan susunan batu.

Anda dapat menemukan rumah atau bangunan umum dengan dinding atau langit-langit batu. Beberapa rumah bahkan dibangun langsung di cerukan alami pada batu, dengan dinding cerukan hanya diperlebar sedikit.

foto: Boredom Therapy

 

Seperti dilansir dari Boredon Therapy, Kamis (18/6/2015), kota ini berjarak 157 km dari Provinsi Cadiz, dan memiliki alur searah sungai Rio Trejo. Tempat ini memiliki temperatur sejuk dan mudah untuk mengakses air bersih.

Dilihat dari penduduk di sekitar yang juga masih menggunakan gua sebagai tempat tinggal, seperti Cueva de la Pileta yang sudah ditinggali sejak 25.000 tahun, kota Setenil disinyalir sudah berpenduduk lebih lama dari masa itu.

foto: Boredom Therapy

foto: Boredom Therapy

 

(ikr/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini