Sukses

5 Jenis Font agar CV Anda Dilirik Perusahaan

Bagi Anda yang ingin membuat CV lebih menarik, berikut tips dan triknya.

Liputan6.com, Jakarta Curriculum  Vitae (CV) atau resume merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin melamar pekerjaan. Demi mendapatkan posisi impian, tidak sedikit orang yang rela membuat CV semenarik mungkin agar dapat dilirik oleh perusahaan.

Anda mungkin berpikir agar dapat membuat CV yang menarik maka Anda harus memiliki kemampuan desain yang baik layaknya seorang desainer. Tapi ternyata tidak seperti itu.

Seperti dilansir dari halaman Hufftington Post pada Rabu (17/6/2015), Samantha Howie, seorang senior manajer HRD dari Maximum Management Corp yang berbasis di New York, menuturkan bahwa anda dapat membuat CV yang menarik hanya dengan bermodalkan memilih model font yang tepat. Penggunaan model huruf yang salah dapat menghilangkan fokus untuk membaca berbagai pencapaian yang telah anda dapatkan.

Berangkat dari penuturan Howie, berikut ini adalah 5 tipe huruf yang dapat anda pakai dalam resume anda.



Garamond
Untuk kesan tulisan yang elegan, Anda dapat memakai tipe font Garamond. Model Garamond sangat mudah dibaca, akan tetapi pemakaiannya harus sangat hati-hati karena dapat memberikan kesan kuno.

Font yang tepat untuk CV



Arial
Howie setuju bahwa model huruf Arial merupakan salah satu model huruf terpopuler yang seing digunakan. Hal tersebut dikarenakan karena model huruf ini sangat sederhana dan dapat cocok dipakai untuk semua desain.

Font yang tepat untuk CV

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Font Menarik untuk CV

Georgia
Model huruf lainnya yang dapat anda pakai adalah Georgia. Layaknya Garamond, model huruf ini juga dapat dipakai untuk memberikan kesan elegan pada tulisan resume Anda. Namun bedanya, model Georgia akan lebih mudah cocok ke berbagai desain yang ada dan tidak terlalu memberikan kesan kuno.

Font yang tepat untuk CV


Helvetica
"Ini adalah jenis huruf apik yang juga sangat cocok dipakai kapan saja," tutur Howie. Ia juga menyebutkan bahwa Helvetica merupakan salah satu model huruf terpopuler yang sering dipakai dalam CV pelamar di firma perekrutan tempat ia bekerja.

Font yang tepat untuk CV



Calibri
Modern. Profesional. Menarik. "Calibri benar-benar model huruf favorit saya," kata Howie. "Sangat jelas, mudah dibaca, namun tetap memiliki kesannya tersendiri." Dalam Microsoft Office 2007, Calibri juga menggantikan Times New Roman sebagai jenis huruf paten di Microsoft Word, PowerPoint dan Excel. Hal ini membuktikan bahwa model huruf ini merupakan model paling sesuai yang dapat Anda gunakan dalam berbagai situasi.

Font yang tepat untuk CV

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini