Sukses

Dilarang Gunakan Handuk yang Sama untuk Wajah dan Tubuh

Kalau ingin kulit bersih bebas jerawat, berhati-hatilah menggunakan handuk yang Anda gunakan.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan satu handuk mandi untuk mengeringkan tubuh sekaligus wajah merupakan apa yang kita semua lakukan. Atau lebih tepatnya kesalahan yang selalu kita lakukan.

“Sebaiknya gunakan handuk terpisah untuk mengeringkan wajah dan tubuh, terutama jika Anda mudah berjerawat,” ungkap Amy Weschler, dermatologis kosmetik dan pengarang The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Less Stress, Gorgeous Skin, and a Whole New You.“Kulit wajah kita sensitif, dan seharusnya tidak boleh kena minyak dari tubuh atau rambut.”

Bukan hanya Dr. Weschler yang tidak setuju dengan praktik ini. “Bakteria yang menempel di kulitlengan, kaki, bahu, secara spesifik diperuntukkan bagi area-area itu. Jika menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh, kemudian dipakai untuk wajah, semua bakteri, virus, dan jamur akan mengenai kulit wajah,” begitu penjelasan Christopher Mason, Ph.D dan asisten dosen di departemen psikologi dan biofisika di Weill Cornell, seperti dilansir dari cosmopolitan.com.

Singkatnya, adalah jorok untuk menggunakan handuk yang sama.Ditambah lagi bahwa banyak dari Anda yang jarang mencuci atau menjemur handuk karena merasa sudah “bersih” setelah mandi. Sisa bakteri yang menempel di handuk bisa berkembang biak, yang membuat handuk kotor dan tidak layak pakai dalam waktu lebih dari seminggu.

(ikr/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini