Sukses

Apakah Anda Orang yang Senang Belajar?

Coba cari tahu apakah Anda orang yang senantiasa senang mengembangkan diri.

Liputan6.com, Jakarta Jika di bangku sekolah dan kuliah Anda kerap ngedumel, 'saya benci belajar', Anda tidak sendiri.

Namun, belajar tidaklah melulu statistik dan perhitungan, atau buku teks tebal dan menghafal. Belajar merupakan proses seumur hidup dan pengetahuan merupakan apa yang Anda dulang setiap harinya demi membuat Anda berkembang sebagai individu.

Anda mungkin tidak menikmati menjalani pendidikan formal. Namun, siapa tahu Anda sesungguhnya orang yang senantiasa haus ilmu dan menikmati proses belajar. Coba baca poin-poin di bawah seperti dirangkum dari lifehack.org, Rabu (10/6/2015), dan ketahui apakah Anda mengidentifikasi diri Anda dengan apa yang tertulis di tiap poin. (Ikr/Ibo)

1. Anda Membaca Setiap Hari

Saat menghadapi masalah atau dilema, Anda pergi ke sumber bacaan, baik dari buku pertolongan diri atau artikel online. Membaca memperluas cakrawala kita, dan orang-orang sukses telah membiasakan diri banyak membaca.

2. Anda Sering Ikut Kursus

Online maupun secara langsung, berbayar ataupun gratis, Anda senang berpartisipasi dalam pelatihan dan berkoneksi dengan orang-orang sepemikiran.

3. Anda Mencari Kesempatan untuk Bertumbuh

Anda tidak merasa nyaman duduk diam, dan selalu mencari cara untuk jadi produktif. Anda akan menulis, membuat sketsa, mengobrol dengan orang yang berbeda bahasa aslinya, atau menghadiri workshop yang sesuai dengan minat Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Anda Memiliki Minat yang Beragam

'Adalah menghubungkan titik-titik. Setiap titik merupakan peristiwa atau keterampilan hidup Anda dan hanya saat Anda melalui elemen-elemen itu, Anda mengerti cara menggabungkannya menjadi sesuatu yang hebat' – Steve Jobs.

Memiliki variasi minat menandakan Anda senang mengasah keterampilan dan kerap mencari cara untuk bertumbuh. Dengan berlatih berbagai keterampilan, Anda memiliki nilai lebih dari sebagian besar orang di dunia.

5. Anda Memiliki Target

Demi bertumbuh, Anda sudah memiliki target hidup, di mana Anda berjanji untuk tidak menyerah, dan target itupun memotivasi Anda. Sudah terbukti bahwa target yang pasti dan ambisi meningkatkan performa seseorang. Anda yang senang belajar peduli dengan performa, dan tidak pernah berhenti meningkatkan diri.

6. Anda Menerima Perubahan

Perubahan sepenuhnya bisa mengantarkan Anda pada hasil yang menakjubkan. Ini bisa dilihat pada perusahaan sukses. Di banyak kasus, sebuah transformasi yang mereka lakukanlah yang mengantarkan mereka pada apa yang disebut 'kesuksesan dalam semalam'. Seperti Twitter yang pada awalnya diciptakan sebagai layanan internal untuk karyawan Odeo, namun kini memiliki 300 juta pengguna aktif.

7. Bagi Anda, Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai

Banyak orang yang merasa setelah usia tertentu, mereka tidak bisa lagi memulai sesuatu. Kenyataannya, itu hanya alasan payah untuk menyerah. Henry Ford berusia 45 tahun saat menemukan mobil Ford Model T, yang kini dianggap automobile paling terjangkau. JK Rowling yang serial Harry Potter-nya menjadi bestseller nomor 1, masih berjuang mencari penerbit di usia 30.

8. Anda Berani Meninggalkan Zona Nyaman

Anda berani menghadapi ketidaknyamanan jika Anda tahu jalan kesuksesan dihalangi oleh cobaan dan kesulitan. Anda pun menantang diri untuk menembus berbagai rintangan. Gagal atau berhasil, Anda belajar hal baru.

9. Anda Tidak Pernah Puas

Menjadi orang yang ‘cukup pintar’ adalah sesuatu yang Anda tidak pernah rasakan. Tanpa ragu, Anda menghargai apa yang Anda sudah ketahui, namun tidak pernah merasa ada alasan untuk berhenti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.