Sukses

Pemandian Air Panas Bora, Kombinasi Wahana Rekreasi dan Terapi

Dilengkapi berbagai fasilitas penunjang pariwisata, Pemandian Air Panas Bora menjadi salah satu tujuan wisata di Sigi, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Jika sedang berada di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sempatkanlah singgah di objek wisata Pemandian Air Panas Bora. Berlokasi di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, atau sekitar 20 km dari pusat Kota Palu, objek wisata ini mudah dijangkau dengan akses jalan yang sudah baik. 

Fadlin, penjaga objek wisata Air Panas Bora saat ditemui Tim Liputan6.com, Kamis (4/6/2015) menuturkan, dahulu sumber air panas di sini hanya berukuran kecil, dan belum dikelola secara serius. Warga desa yang kemudian mempunyai inisiatif untuk menjaga sekaligus membangun sumber air panas ini menjadi salah satu objek wisata di Sigi. 

Seiring berjalannya waktu, pemerintah daerah dibantu masyarakat sekitar menggali sumber air panas tersebut, sehingga ukurannya menjadi lebih besar dari yang semula. “Waktu itu dilakukan tahun 2002, dengan menggunakan alat berat. Setelah itu, barulah dibuatkan seperti kolam yang dikelilingi cor. Sejak saat itu, pengelolaan dipegang alih pemerintah Donggala,” ungkap Fadlin menjelaskan.

Pada 2008, sejak Sigi mengalami pemekaran, pengelolaan objek wisata Pemandian Air Panas Bora diambil alih dan dikelola langsung oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sigi. Sejak saat itu, berbagai fasilitas dibangun di lokasi objek wisata dengan luas sekitar 7 hektar tersebut.

Cottage, aula yang dilengkapi AC dan sound system, hingga sauna, merupakan berbagai fasilitas yang melengkapi objek wisata Pemandian Air Panas Bora. Meski memiliki banyak fasilitas, namun hanya ada satu sumber air panas yang mengaliri berbagai fasilitas tersebut.

Selain mendatangkan kesenangan, mandi air panas juga mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah mampu mengobati berbagai penyakit dalam, seperti asam urat, stroke, dan kolesterol. Wajar jika di akhir pekan, objek wisata Pemandian Air Panas Bora kerap diramaikan oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. (Dio/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini