Sukses

Mana saja Tempat Terpanas di Dunia? Ini 5 Diantaranya

Simak 5 tempat yang panasnya mengalahkan Jakarta di siang bolong ini!

Liputan6.com - Tinggal di daerah tropis, artinya berkutat setiap harinya dengan cuaca panas dan lembab. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika sebagian besar dari Anda memilih pergi berlibur ke tempat sejuk.

Atau mungkin, Anda justru penasaran dengan 5 tempat yang temperaturnya membuat suhu Jakarta di siang bolong serasa seperti di pegunungan Alaska? Simak 5 tempat terpanas di dunia seperti dikutip dari telegraph.co.uk, Senin (1/6/2015).

 

Bangkok, Thailand
Diberi gelar kota terpanas di planet bumi oleh World Meteorological Organisation, Bangkok memiliki suhu rata-rata per tahun 28 derajat celcius. Maret sampai Mei merupakan waktu paling panas dengan temperatur ada dalam kisaran 35 derajat celcius dan kelembaban mencapai 90%. Sedangkan bulan paling sejuk adalah Desember, dengan suhu 31 derajat celcius, namun kelembaban tetap tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Terpanas di Dunia

Dasht-e Lut, Iran
Pada tahun 2004 sampai 2005, gurun ini memecahkan rekor dengan temperatur permukaan mencapai lebih dari 70 derajat celcius. Dasht-e Lut juga merupakan tempat paling kering di dunia, dimana tidak ada makhluk yang bisa bertahan hidup, bahkan bakteria.

 

Dallol, Ethiopia
Tempat yang berlokasi di Afrika ini ada di kedalaman 116 meter dibawah permukaan laut. Dallol memiliki suhi rata-rata tertinggi untuk tempat tidak berpenghuni, terhitung 34,6 derajat celcius.

3 dari 3 halaman

Tempat Terpanas di Dunia

Al-aziziyah, Libya
Pada 13 September 1922, gurun ini mencatat rekor sebagai tempat dengan temperatur udara tertinggi sepanjang masa, yakni 57,8 derajat celcius. Namun, perhitungan itu dianggap dilakukan oleh pengamat tidak berpengalaman, dimana suhu udara sesungguhnya, walau masih tetap panas, masih lebih rendah dari suhu Death Valley, California yang ada di poin berikutnya.


Death Valley, AS
Tercatat merupakan tempat terpanas di dunia dengan suhu yang pernah mencapai jumlah 56,7 derajat celcius pada Juli 1913. Sedangkan suhu rata-rata sepanjang tahunnya berjumlah 47 derajat celcius. Death Valley ada dalam permukaan 86 meter dibawah permukaan laut. Sangat cocok kan dengan namanya – lembah kematian?

(ikr/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.