Sukses

Tempe 100 Meter Meriahkan Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat

Meriahkan Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat warga Yogyakarta buat tempe sepanjang 100 Meter.

Liputan6.com, Yogyakarta Memeriahkan lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), warga RT 38 RW 09 Warung Boto Umbulharjo membuat tempe sepanjang 100 meter. Tumino warga Warung Boto mengatakan tempe yang dipajang di sepanjang jalan masuk kampung ini dibuat untuk menyambut tim penilai lomba PHBS di Kota Jogja.

"Panjangnya seratus meter. Sudah beberapa kali kami ikut lomba tapi tidak  semeriah seperti sekarang ini. Biasanya cuma tim penilai dan ibu ibu yang menerima tamu. Ini dibuat untuk mendukung lomba PHBS. Untuk menyambut tim penilai," ujar Tumino lepada Liputan6.com di pada Rabu 27 Mei 2015.

Dibutuhkan sekitar 1 kuintal kedelai untuk membuat tempe ini. Pembuatannya memakan waktu 5 hari. “Awalnya tempe ini mau dijual di pasar tapi saya tahan dan saya minta dipamerkan. Saya yang biayai. Total biayanya satu juta plus bambunya," jelas Tumino.

Dengan adanya tempe ini diharapkan tim penilai dapat memiliki pandangan lain terhadap kampungnya yang bersih dan sehat dengan konsumsi tempe. Pembuatan tempe yang prosesnya dieksekusi di gedung RW ini mempunyai kesulitan tersendiri.

Tak mudah memasukkan tempe dalam plastik sepanjang 100 meter dan mengeluarkan tempe itu dari dalam gedung untuk diletakkan di tengah jalan kampung. “Semalam itu ada 100 orang yang bawa ke sini (jalan). Kendalanya ngisi kedelainya kan harus utuh ke dalam plastik itu. Ngeluarkan tempe dari gedung itu juga sulit," kata Tumino.

Usai kegiatan penyambutan PHBS ini tempe dilelang. Setiap meternya dihargai Rp 15 ribu rupiah. (Fathi mahmud/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini