Sukses

6 Pantai Jawa Timur yang Memesona

Jawa Timur menyimpan banyak pantai dengan berbagai karakteristiknya yang menawan.

Liputan6.com, Jakarta Data PBB pada 2008 melansir informasi tentang negara-negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Data tersebut mendaulat Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang ke-empat di dunia, yaitu dengan panjang pantai sekitar 95.181 km.

Sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia tentu memiliki berbagai macam pantai dengan karakteristiknya yang menawan. Di Jawa Timur saja misalnya, terdapat berbagai pantai indah yang kerap menjadi tujuan wisata bagi para pecinta wisata bahari.

Berikut 6 pantai memesona di Jawa Timur pilihan Tim Liputan6.com (Kamis, 28/5/2015):

1. Pantai Papuma

‘Papuma’ merupakan akronim dari pantai Pasir Putih Malika. Nama tersebut diberikan secara resmi oleh Perhutani sebagai pengelola pantai. Pantai Papuma terletak di km 45 ke arah Jember, tepatnya di kawasan Wuluhan. Lokasinya yang mudah diakses kerap menjadikan pantai Papuma sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jember. Seperti namanya, pantai Papuma memiliki hamparan pasir pantai yang putih. Karakteristik unik dari pantai ini adalah banyaknya bebatuan karang yang timbul tenggelam terhempas ombak.

2. Pantai Plengkung

Pantai favorit para peselancar ini berlokasi di dalam Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi, tiap pengunjung diharuskan menyewa mobil khusus yang dipandu oleh pengelola Alas Purwo. Namun demikian, jika dari Bali, wisatawan hanya butuh perahu boot untuk sampai ke pantai Plengkung mengingat lokasinya yang berdekatan.  Sebagai pantai surfer dan banyak disinggahi wisatawan asing, pantai ini sudah dilengkapi penginapan dengan berbagai fasilitas di dalamnya.

3. Pantai Bama

Sama halnya dengan Plengkung, pantai Bama juga berada di dalam kawasan taman nasional, tepatnya di Taman Nasional Gunung Baluran, di jalan raya Banyuwangi – Situbondo km 35. Sebagai pantai yang berada di area konservasi, Bama menjadi habitat asli bagi sekawanan kera abu-abu ekor panjang dan burung langka endemik Jawa Timur. Keunikan lain pantai Bama adalah sebagian lokasinya dikelilingi oleh tumbuhan mangrove.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai ini terletak di kabupaten Banyuwangi. Pantai yang memiliki ombak menawan ini kerap menjadi pilihan para peselencar untuk menunjukkan keahliannya. Memasuki akhir pekan, pantai Pulau Merah menjadi pilihan liburan keluarga. karakteristik ombak yang saling berbenturan menjadikan beberapa bagian pantai ini cocok untuk dijadikan tempat bermain anak. Karakteristik utama pantai Pulau Merah adalah batu karang yang menyerupai gunung di bibir pantai. Saat sedang surut, para wisatawan bisa menjelajahi pulau karang tersebut. 

Tempat yang satu ini bak surga yang selama ini tersembunyi karena keindahannya

5. Pantai Bilik

Pantai yang lebih mirip danau ini berada di perairan selat Madura yang dihubungkan secuil daratan  pulau Jawa sehingga membentuk cekungan. Ada dua pilihan akses jalan yang dapat ditempuh untuk samapi ke lokasi pantai, yaitu via jalan darat yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, atau dengan menyewa perahu nelayan yang banyak bersandar di pantai nelayan. Suasananya yang hening dan nyaman kerap menjadi alasan mengapa pantai ini wajib menjadi tujuan wisata saat berada di Jawa Timur.

6. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol berada di jalan lintas Situbondo – Banyuwangi, tepatnya di dusun Brangsing, kecamatan Wonosorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Nama ‘Watu Dodol’ digunakan karena di sekitar lokasi terdapat batu besar yang menunjukkan keberadaan pantai. Meski tidak tedapat hamparan pasir putih, pantai ini kerap dikunjungi oleh pengendara yang sekadar singgah untuk melepas lelah.

 

(ibo/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini