Sukses

Bakteri Jahat Mungkin Mengintai dari Mesin Kopi, Bersihkan!

Hati-hati banyak bakteri dan jamur yang berkembang biak di mesin kopi Anda!

Liputan6.com, Jakarta Kabar buruk bagi pecinta kopi, terutama mereka yang kerap menggunakan mesin kopi saat menyeduh di pagi hari. Mengapa? Ternyata mesin kopi tercinta Anda sangat rentan dihuni oleh bakteri berbahaya dan jamur.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh KDKA-TV di Pittsburgh, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa terdapat lebih dari empat juta koloni bakteri jahat dan jamur ditemukan di tangki air, kotak pengupas kopi, moncong, dan nampan pada lebih dari 28 mesin kopi yang diteliti.

Stasiun televisi tersebut meneliti delapan mesin di Pittsburgh, sedangkan 20 lainnya di Chicago dan Dallas. Bakteri yang ditemukan seperti E.coli, staphylococcus, streptokokus dan pseudomonas aeruginosa, mengutip dari laman FoxNews, Rabu (27/5/2015).

"Kopi dibuat pada lingkungan lembab, tempat bersarangnya banyak jamur dan bakteri. Badan kita bisa bertoleransi dengan keberadaan mereka. Namun, ketika pertumbuhan membludak, jelas bisa menyebabkan penyakit," ujar spesialis mikrobiologi dari University of Arizona, Kelly Reynolds.

Jadi, bagaimana solusi mencegah hal tersebut terjadi? Berikut beberapa tips-nya: (auf/ret)

1. Bersihkan mesin secara teratur

2. Alirkan cuka demi membantu membersihkan sanitasi

3. Gunakan air matang dibanding air keran

4. Ganti air setiap kali pakai

5. Biarkan tutup terlepas untuk membantu mengeluarkan udara

6. Seka mesin setiap hari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.